Ayam Bakar Ganthari, Selera Ibukota

Entertainment / 27 August 2009

Kalangan Sendiri

Ayam Bakar Ganthari, Selera Ibukota

Lestari99 Official Writer
5709

Jika Anda mendengar kata Blok M, apa yang terbayang di benak Anda? Kawasan yang cukup popular di ibukota ini memang terkenal sebagai tempat belanja. Tapi tahukah Anda kalau kawasan ini juga menjadi gudangnya tempat makan enak? Jadi, bagi yang suka bertualang mencari tempat makan enak, Blok M layak untuk disinggahi.

Manis dan Gurih

Coba saja salah satunya, Ayam Bakar Ganthari atau lazim disingkat ABG. Lokasinya persis di belakang Blok M Plaza, tepatnya di Putaran Gaul, Bulungan. Inilah jalur putaran tempat mangkal anak-anak muda. Ukuran warungnya sih tidak seberapa luas, tapi bangku dan meja makannya sampai tumpah ruah ke jalan.

Biasanya mulai ramai setelah agak sore, lebih malam lebih ramai. Kalau datang agak malam, jangan harap kebagian tempat duduk. Antriannya bisa panjang sekali. Walaupun kapasitas meja sekitar 10 buah dengan delapan bangku per meja, tetap saja kurang. Pengunjung yang tak kebagian kursi, kadang-kadang harus menyantapnya di dalam mobil. Pengunjungnya beragam, dari masyarakat umum, pegawai kantoran, hingga seleb ibukota.

Apa sih keistimewaannya? Biar tak penasaran, kami memesan menu unggulan yang ada di sini, yakni ayam bakar dan iga bakar. Pesanan pun sudah tiba dalam waktu kurang dari 10 menit. Ayam dan iga yang masih berasap itu disodorkan ke meja kami beserta nasi, sambal, kuah untuk iga dan lalapan.

Dari penampilannya memang terlihat layaknya ayam bakar biasa. Tapi, saat lidah menyentuh daging, dan gigi mulai mengoyak dagingnya yang lembut, terasa kenikmatan ayam bakar tersebut. Rasa manis bercampur gurih berpaut di daging ayam yang empuk. Hmmmm, lembut dan tanpa lemak, kami tak perlu mengeluarkan tenaga cadangan untuk mengunyahnya. Begitu pula iga sapi bakarnya, tulangnya terbalut daging sampai tak terlihat. Saking lembutnya, kami bisa membuat tulangnya ‘telanjang' hingga tak menyisakan sehelai daging pun. Kuah iganya juga sedap, seperti bumbu sate tapi agak encer.

Sambal Cocol Istimewa

Sambal cocolnya dibuat istimewa, tidak terlalu pedas, tapi pas sehingga cocok untuk segala usia. Selain menu ayam bakar dan iga bakar, ada juga menu lain yang tak kalah sedap, seperti tahu dan tempe bakar, hati ampela bakar, dan sup iga. Soal harga? Sudah pasti ringan di kantong. Paket ayam bakar komplit dengan nasi dan lalapan hanya Rp12.000, paket iga bakar plus nasi Rp17.500. kalau mau yang segar-segar, silahkan coba sup iganya yang hanya dibandrol Rp13.000 per porsi.

Menurut Haryantyo sang owner ABG, ayam bakarnya mampu bertahan sampai tiga hari. Tidak jarang malah pelanggan saya dari Amerika dan Jepang yang sengaja memesan ABG untuk dibawa ke sana. Selain itu, keluarga almarhum Pak Harto, Mantan Presiden Republik Indonesia, kalau sedang dirawat di RSP Pertamina, pesan kateringnya dari sini. Amien Rais juga suka memesan ABG. Bahkan, ketika flu burung sedang melanda hebat, daging ayam dari ABG termasuk yang aman dikonsumsi. Menurut Menteri Pertanian RI, Anton Apriyantono, olahan ayam di sini paling higienis, tutur Haryanto.

Sumber : agromedia
Halaman :
1

Ikuti Kami