Beli Mobil dan Memotong Rumput Tetangga

Investment / 26 August 2009

Kalangan Sendiri

Beli Mobil dan Memotong Rumput Tetangga

Puji Astuti Official Writer
2840

Ada 10 % orang di dunia ini yang mendapatkan karunia untuk memiliki penghasilan cukup besar, namun sayangnya diantara mereka itu tidak sedikit yang bersikap ceroboh. Beberapa profesi yang menjanjikan penghasilan cukup besar diantaranya adalah pengacara, dokter gigi, dan dokter-dokter lainnya, serta posisi eksekutif lainnya yang cukup menjanjikan.

Kebanyakan dokter memiliki penghasilan bahkan yang jauh diatas rata-rata pendapatan nasional, namun jika Anda mengira mereka tidak memiliki masalah keuangan, Anda salah besar. Salah seorang dokter pernah menjadi klien Larry Burkett, seorang konselor penglolaan keuangan.

Dokter ini mengalami masalah dengan pajak, hal ini membuat IRS (International Revenue Service) harus menyita semua miliknya, bahkan rekeningnya pun di blokir sehingga dia bahkan tidak bisa membeli bahan makanan. Setelah menghubungi pengacaranya, dokter itu dan istrinya disarankan untuk melakukan konsultasi dengan Larry.

Dalam perjalanan menuju konseling itu, sang dokter berkata pada istrinya,"Apapun yang ia perintahkan, saya akan melakukannya. Saya bersumpah kepada Tuhan." Hal ini untuk mengingatkan Anda, jangan pernah tergesa-gesa bersumpah atau bernazar, Pengkhotbah 5:3 menuliskan, "Kalau engkau bernazar kepada Allah, janganlah menunda-nunda menepatinya, karena Ia tidak senang kepada orang-orang bodoh. Tepatilah nazarmu!"

Ketika berdiskusi dengan Larry, ada sebuah kisah yang dibagikan oleh Larry yang disetujui oleh sang dokter cocok dengan situasinya. Masalah sang dokter bukanlah kekurangan uang, karena penghasilannya pertahun kurang lebih 180.000 dolar.

Larry menceritakan tentang kisah Naaman yang pergi ke Israel untuk disembuhkan dari sakit kustanya (2 Raja-raja 5). Naaman adalah seorang panglima dari Asiria yang ingin bertemu dengan Elisa supaya bisa disembuhkan dari sakit kustanya. Alih-alih menemui sang panglima, Elisa mengirim suruhannya untuk memberi tahu Naaman agar pergi mandi di sungai Yordan. Jika Naaman mencelupkan diri tujuh kali di dalam Sungai Yordan maka dia akan pulih kembali dan menjadi tahir.

Mendengar suruhan Elisa, sang nabi Israel itu, Naaman menjadi gusar. Namun seorang pegawaninya memberikan nasihat bijaksana yang menyelamatkan panglima Asiria itu, "Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? Apalagi sekarang ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir." (1 Raj 5:13) Naaman membenamkan diri sebanyak tujuh kali seperti permintaan Elisa, dan ia sembuh dari sakit kustanya.

Larry mengajarkan prinsip penting melalui cerita diatas, "Prinsip di balik kisah ini adalah bahwa Tuhan  berbuat sebaik mungkin terhadap pribadi yang rendah hati." Lalu Larry meminta sang dokter melakukan sesuatu, dia harus memangkas rumput halaman rumah orang pada hari dia tidak bekerja (Rabu) sampai dia melunasi semua hutangnya sampai jumlah yang terkecil (sekitar 160 dolar).

"Itu bodoh. Saya tidak akan melakukannya," jawab dokter itu.  "Saya seorang spesialis radiologi. Saya bisa menghasilkan lebih banyak dari itu dalam waktu satu jam."

Larry mengingatkan bahwa ini bukan masalah seberapa banyak penghasilannya, tetapi seberapa banyak yang ia habiskan.

Singkat cerita dokter itu pulang tanpa kesepakatan dengan Larry pulang kerumah bersama istrinya. Sesampainya di rumah, istrinya mengingatkan dokter itu tentang janjinya pada Tuhan. Dokter itu gelisah selama beberapa hari, dan hanya mondar-mandir dirumahnya. Akhirnya Dokter itu mengambil sebuah keputusan.

Dia berkata pada istrinya, "Saya akan melakukannya. Itu bodoh, tapi saya sudah berjanji dan saya akan melakukannya."

Setelah beberapa minggu berjalan, dokter itu kembali menemui Larry dan menceritakan apa yang terjadi.

"Minggu pertama saat saya pergi ke luar mencari pekerjaan memotong rumput, saya sadar bahwa saya sedang dalam masalah. Saya mendapati diri saya bersaing dengan anak-anak berusia 12 tahun, maka saya memberitahu para tetangga bahwa saya butuh olahraga dan juga uangnya sebagai insentif. Saya tahu mereka tidak mempercayainya sampai kami mendapatkan paket alat-alat perawatan halaman di pintu rumah kami. Tapi saya bertahan walaupun bayarannya turun sampai kadang-kadang dua dolar untuk satu halaman. Akhirnya, saya melunasi tagihan itu, dan saya merasa seperti baru dibebaskan dari penjara. Lalu saya menyadari dampak apa yang diakibatkannya pada saya. Suatu hari saya sedang menyetir dan melihat sebuah bis Greyhound yang sudah dimodifikasi menjadi motor home (kendaraan yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal). Wow, saya menginginkan kendaraan seperti itu. Tapi Anda tahu apa yang menghentikan saya? Hanya memikirkan bahwa saya harus bekerja memotong rumput untuk membayar kendaraan tersebut seharga $66.000." jelasnya.

Jika Anda orang yang sama seperti dokter itu, ingatlah - bukan seberapa besar yang Anda hasilkan yang mengakibatkan hutang, tetapi berapa besar yang Anda belanjakan.

Sumber : Panduan Lengkap Keuangan Bagi Pasangan Muda; Larry Burkett; Visi Pressindo
Halaman :
1

Ikuti Kami