Berdalih Puasa, Banyak PNS Telat

Nasional / 25 August 2009

Kalangan Sendiri

Berdalih Puasa, Banyak PNS Telat

Lestari99 Official Writer
2748

Puasa memang membuat banyak umat muslim mau tak mau harus bangun dinihari untuk sahur. Dan hal ini akhiornya dijadikan alasan bagi banyak PNS di Pemerintahan Daerah jakarta untuk telat masuk kantor. Padahal dalam rangka puasa pula, Gubernur DKI Jakarta sudah mengeluarkan kebijakan agar jam masuk kantor PNS dikurangi 30 menit. Bila normalnya jam kerja PNS terhitung dari pukul 08.00-15.30 WIB, maka selama bulan puasa ini mereka diijinkan untuk pulang pukul 15.00 WIB.

Keterlambatan ini terlihat dari pegawai di Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Departemen Perindustrian dan Tata Ruang Lingkungan Hidup. Dari antara para PNS tang terlambat masuk kantor tersebut, bahkan ada yang baru masuk kantor sekitar pukul 10.30 WIB. Menurut Budi Astuti, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, tentu saja ada sanksi yang menanti bagi para PNS yang tidak disiplin tersebut. Yang tidak masuk kerja akan dihukum berupa penurunan pangkat, penurunan gaji dan ditahan. Bila enam bulan berturut-turut tidak masuk kerja, maka akan diambil tindakan pemecatan.

Entahlah apakah sanksi ini akan membuat para PNS tersebut meningkatkan disiplin kerja mereka. Karena bagaimana pun jam kerja mereka sebenarnya sudah terhitung sangat singkat, apalagi dengan pemotongan jam kerja selama 30 menit selama bulan puasa. Jika para Pegawai Negeri Sipil saja bisa demikian tidak disiplinnya, bagaimana mereka dapat melayani masyarakat dengan maksimal? Semoga saja pemerintah daerah mengambil tindakan yang tegas dan nyata untuk mengatasi persoalan ini.

Sumber : metrotvnews / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami