Napi di Polandia Dibebaskan

Nasional / 24 August 2009

Kalangan Sendiri

Napi di Polandia Dibebaskan

agnes.faith Official Writer
2903

Mulai per tanggal 1 September 2009, pemerintah Polandia akan mengeluarkan keputusan baru. Keputusan yang unik dan menggembirakan bagi para narapidana di Polandia. Kebijakan tersebut adalah pembebasan napi dari penjara. Alasan pemerintah mengeluarkan keputusan ini adalah karena ingin menghemat anggaran Negara.

Pemerintah akan membebaskan 500 tahanan terlebih dahulu baru kemudian 15.000 napi lainnya. Yang lebih menghebohkannya lagi, para napi yang telah bebas boleh langsung mencari pekerjaan untuk penghidupan mereka.

Namun para warga boleh merasa tenang karena para napi yang akan dibebaskan ini tetap mendapat pengawasan ketat dari pemerintah. Mereka bahkan akan dipasangi chip elektronik supaya pengawasan lebih terjaga.

Dana yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk biaya operasional penjara adalah sebesar US$ 800 ribu atau setara dengan Rp 8 miliar per bulannya. Tak heran bila pemerintah Polandia memilih jalan untuk membebaskan para napi. Karena dengan begitu mereka dapat menghemat pengeluaran Negara.

Untuk biaya pemasangan chip, pemerintah membutuhkan dana sekitar Rp. 780 juta. Tetapi hal itu lebih baik daripada pengeluaran yang harus mereka habiskan untuk membiayai para napi.

Bagaimana tanggapan para warga ketika mendengar peraturan ini? semoga semua napi benar-benar sudah berubah dan menjadi warga yang baik.

Sumber : liputan6.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami