Seorang Pelarian Rohani

Investment / 24 August 2009

Kalangan Sendiri

Seorang Pelarian Rohani

Puji Astuti Official Writer
2489

Apa yang terjadi saat seseorang yang memiliki masalah besar mencari jalan keluar dengan mengandalkan klise-klise religius seperti, "Saya percaya Tuhan akan memberikan kecukupan"?

Jelaslah bahwa setiap orang harus mempercayai Tuhan, tetapi bila kebiasaan buruk kitalah yang menciptakan kondisi tersebut, Tuhan ingin kita untuk mengubahnya lebih dulu.

Tuhan memang menyediakan; Semua yang kita miliki berasal dari-Nya. Tapi Dia juga mengarahkan kita untuk menggunakan kemampuan dan untuk bertanggung jawab atas tindakan kita. Saat seseorang berpaling pada Tuhan untuk meminta pertolongan, dia akan diharapkan lebih banyak tanggung jawab bukan lebih sedikit. "Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hatimu sendiri kepadamu?" (Lukas 16:12).

Sebagai sebuah contoh adalah kehidupan seorang pria bernama Dave.  Dia mengalami masalah keuangan karena usahanya yang menurun, pemasukannya turun drastis hingga ia tidak bisa membayar para krediturnya. Namun dalam kondisi seperti itu, Dave tidak mengurangi sumbangannya maupun pengeluarannya, hal itu menurut Dave menunjukkan kurangnya "iman."

Pembenaran Dave sangat "Alkitabiah" bahwa Tuhan mengatakan bahwa orang percaya harus hidup karena iman. Setelah seorang teman yang begitu peduli dengan hidup Dave dan mencoba meluruskan prinsip firman Tuhan yang dipegangnya, Dave tidak bergeming.

Setidaknya ada tiga prinsip dasar yang harus diterapkan dalam kehidupan yang dialami Dave:

  1. Yang berhutang menjadi budak yang menghutanginya (Amsal 22:7).
  2. Kita harus menghormati otoritas (Roma 13:1)
  3. Orang fasik meminjam dan tidak membayar kembali (Mazmur 37:21).

Mempercayai Tuhan bukan berarti Anda tidak memperhitungkan kenyataan yang ada. Jika Anda berhutang, Anda harus membayarnya. Anda tidak boleh memberi persembahan atau sumbangan dari uang hasil berhutang.

Dave menolak mengubah posisinya, dan itu harus dibayar mahal olehnya. Setahun kemudian usaha Dave hancur, dan ia harus kehilangan rumah dan juga seluruh asetnya.

Sumber : Panduan Lengkap Keuangan Bagi Pasangan Muda;Larry Burkett;Visi Pressindo
Halaman :
1

Ikuti Kami