5 Cara Menyiasati Anggaran Untuk Hadiah

Investment / 23 August 2009

Kalangan Sendiri

5 Cara Menyiasati Anggaran Untuk Hadiah

Puji Astuti Official Writer
3169

Hadiah adalah sesuatu yang lazim diberikan dalam kehidupan bersosialisasi dan keluarga. Ulang tahun, pernikahan, ulang tahun pernikahan, ucapan selamat atas kelahiran, dan berbagai event hari raya, hal ini adalah pos-pos dimana biasanya parsel dan hadiah harus dikirimkan. Hal semacam ini mau tidak mau membuat Anda mengeluarkan uang yang terkadang tidak terdapat dalam daftar anggaran Anda. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ikuti tips berikut:

  1. Miliki kalender dengan catatan hari-hari khusus untuk tahun berjalan dan rencanakan pembelian hadiah dari awal. Belanjalah untuk ulang tahun dan lain-lainnya sejak awal sehingga Anda tidak perlu buru-buru ketika harus memberi hadiah.
  2. Gunakan keahlian yang dimiliki anggota keluarga dan mulailah buat sendiri hadiah yang Anda butuhkan. Membuah hadiah sendiri bukan saja akan mendekatkan hubungan antar keluarga namun juga hadiah tersebut mencerminkan lebih banyak kasih sayang.
  3. Undi nama untuk hadiah-hadiah tertentu dari pada memberi sesuatu pada tiap-tiap anggota keluarga.
  4. Jangan membeli hadiah dengan kartu kredit. Kredit menggambarkan Anda hanya memiliki sedikit kasih sayang dan terkesan memaksakan.
  5. Bantulah anak-anak Anda untuk menghasilkan uang sendiri untuk membeli hadiah. Anda juga dapat membantu mereka untuk menyadari kebutuhan orang lain. Mungkin dari pada memberkan hadiah pada anggota keluarga, mereka dapat memberikannya pada orang lain yang benar-benar membutuhkan.
Sumber : Panduan Lengkap Keuangan Bagi Pasangan Muda; Larry Burkett; Visi Pressindo
Halaman :
1

Ikuti Kami