Bangun Grup Bicara Uang Anda!

Investment / 23 August 2009

Kalangan Sendiri

Bangun Grup Bicara Uang Anda!

Tammy Official Writer
2508
Salah satu persoalan terbesar yang dihadapi perempuan berkaitan dengan uang adalah hal itu merupakan topik yang sulit untuk dibicarakan. Uang tidak pernah mendapat kemudahan untuk bisa masuk dalam percakapan sehari-hari. "Berapa penghasilan Anda?" masih merupakan pertanyaan yang diajukan dengan berbisik. "Berapa yang mereka bayarkan untuk rumah itu?" ditanyakan secara sembunyi-sembunyi. Itulah sebabnya, diperlukan untuk memulai sebuah kelompok atau grup dimana Anda bisa berbicara mengenai keuangan (Kelompok Uang, red). Karena membicarakan uang lebih mudah dilakukan kalau itulah yang menjadi tujuan pertemuan.

Kelompok Uang serupa dengan kelompok bedah buku, tetapi tanpa buku. Kelompok ini terdiri dari sekelompok teman yang berkumpul secara teratur untuk membicarakan topik keuangan. Pada suatu pertemuan, Anda mungkin membicarakan cara mendapatkan asuransi jiwa yang tepat, pada pertemuan lain mungkin membicarakan cara membayar biaya kuliah anak, pada pertemuan lain lagi mungkin mereka-reka cara berhenti bertengkar dengan tunangan Anda karena pengeluarannya (atau pengeluaran Anda).

Merintis Kelompok Uang
Kalau Anda berminat merintis Kelompok Uang, apa yang harus Anda lakukan?

• Kumpulkan anggota.
Coba libatkan orang-orang yang mempunyai aktivitas berbeda dan memiliki pengalaman hidup berbeda. Padukan perempuan pekerja dengan ibu rumah tangga, perempuan lajang yang sudah menikah, ibu dengan nenek, perempuan yang sudah mempunyai anak dengan yang belum mempunyai anak, wiraswasta dengan pekerja kantoran, perempuan usia muda dengan yang lebih tua. Mengapa? Karena mereka akan membawa pengalaman hidup - dan uang - berbeda yang bisa dipelajari oleh anggota lain. Menurut saya, jumlah terbaik adalah sepuluh sampai dua belas anggota. Anda tentu ingin tiap pertemuan dihadiri oleh delapan anggota, dan Anda ingin tiap anggota bisa mengatur jadwalnya dengan leluasa.

• Tentukan jika Anda ingin ada pemimpin.
Jika seorang anggota jelas-jelas merupakan ahli keuangan - masuk akal bila orang itu menjadi pemimpin. Jika semua orang masih sama-sama berjuang, akan baik untuk menggilir tugas memimpin.

Wanita & Uang• Tentukan sejumlah topik.
Kumpulkan semua anggota untuk pertemuan pertama Anda, sediakan makanan dan minumanm dan mulailah membicarakan apa yang semua anggota inginkan dari kelompok ini. Anda akan mendapati bahwa beberapa orang sangat mengkhawatirkan masa pension, yang lain mengkhawatirkan kuliah, properti, dan persoalan emosional lain mengenai uang. Susun daftar topik yang menjadi fokus Anda dan urutannya. Tunjuk satu anggota yang harus bertanggung-jawab untuk topik pertemuan mendatang. Ingat: Anda ingin pertemuan ini berjalan dengan ringan, tidak rumit, jadi, anggota yang bertanggung jawab harus mengedarkan artikel (bukan buku) mengenai topik ini dan menyiapkan daftar pertanyaan untuk mengawali pembahasan.

• Undang seorang pakar.
Mungkin ada sangat banyak perusahaan investasi dan perencana keuangan di daerah Anda yang akan sangat menyukai kegiatan Anda. Kalau Anda ingin membahas sesuatu yang tidak dikuasai oleh siapa pun, undanglah orang yang memahaminya untuk memimpin diskusi. Katakan padanya bahwa Anda mencari orang untuk mengajarkan topik tertentu dan menjawab pertanyaan anggota. Siapa tahu, mungkin Anda bisa menemukan ahli keuangan yang menyenangkan untuk diajak bekerja sama.

• Dapatkan lebih banyak referensi di dunia maya.
Ya, dunia maya atau internet pun bisa menjadi sumber jawaban yang baik mengenai masalah keuangan.

Sumber : Bikin Uang, Bukan Utang
Halaman :
1

Ikuti Kami