Pejabat Terkaya di Jawa Timur? Tunjuk Nganjuk!

Pejabat Terkaya di Jawa Timur? Tunjuk Nganjuk!

Lestari99 Official Writer
4465

Dari segi jabatan sih bisa diduga, pejabat terkaya di propinsi daerah pasti dipegang oleh gubernur propinsi tersebut. Tapi Anda salah besar, karena pejabat terkaya di Jawa Timur dipegang oleh Bupati Nganjuk. Inilah hasil temuan KPK saat mengumumkan daftar kekayaan lima pejabat yang ada di lingkungan pemerintahan Jawa Timur. Dalam pengumuman itu, ditunjukkan daftar kekayaan yang dimiliki Bupati Nganjuk Taufiqurrahman paling tinggi dibanding pejabat lainnya, termasuk Gubernur Soekarwo.

Jumlah kekayaan Bupati Nganjuk mencapai Rp 15,7 miliar, sedangkan total kekayaan Gubernur Soekarwo hanya mencapai Rp 8,9 miliar. Urutan kedua dipegang oleh Wali Kota Kediri Samsul Ashar, yang mencatat kekayaan sebesar Rp 12,5 miliar.

Pengumuman yang dipimpin Wakil Ketua KPK M. Jasin itu dihadiri Gubernur Soekarwo, Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, Bupati Nganjuk Taufiqurrahman, Bupati dan Wali Kota Kediri Samsul Ashar. Namun, Bupati Jombang Suyanto tak hadir.

Menurut Taufiqurrahman (Bupati Nganjuk), kekayaannya yang didaftarkan kepada KPK terdiri atas harta tidak bergerak senilai Rp 5,8 miliar (di antaranya terdiri atas tanah atau bangunan), alat transportasi senilai Rp 3,8 miliar, ternak dan perkebunan senilai Rp 4,4 miliar, tabungan serta giro sebesar Rp 1,4 miliar, harta bergerak lain senilai Rp 92 juta, dan piutang sebesar Rp 525 juta. "Bapak saya memang pengusaha," katanya seperti kami kutip dari tempointeraktif.com. Kekayaan ini belum termasuk harta warisan yang diperoleh setelah orangtuanya meninggal dunia. Beberapa waktu lalu orangtuanya meninggal dan mewariskan tanah seluas 20 hektare beserta bangunannya. Harta ini belum tercatat di KPK.

Kekayaan Samsul (Wali Kota Kediri) terdiri atas harta tidak bergerak senilai Rp 6,6 miliar, alat transportasi senilai Rp 560 juta, ternak dan kebun senilai Rp 4,3 miliar, harta bergerak lain senilai Rp 200 juta, serta tabungan sebesar Rp 758 juta.

Sementara itu, Soekarwo (Gubernur Jawa Timur) mengatakan kekayaannya terdiri atas harta tidak bergerak senilai Rp 4,3 miliar, alat transportasi senilai Rp 780 juta, harta bergerak lain senilai Rp 356 juta, ternak dan kebun senilai Rp 310 juta, serta tabungan sebesar Rp 3,4 miliar.

Adapun kekayaan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf tercatat paling kecil, yakni Rp 6,2 miliar. Saifullah mengatakan kekayaan yang dimilikinya terdiri atas harta tidak bergerak senilai Rp 3,5 miliar, alat transportasi senilai Rp 835 juta, harta bergerak lainnya senilai Rp 67 juta, dan tabungan sebesar 2,4 miliar. Dalam laporan itu, KPK juga mencatat bahwa Saifullah memiliki utang sebesar Rp 688 juta. Menurut Saifullah, jumlah kekayaan yang dilaporkan ini belum termasuk dana pensiunan dari BRI yang diperolehnya setelah menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur. Dia memperkirakan jumlah kekayaannya mencapai sekitar Rp 8 miliar, lebih banyak Rp 2 miliar dari yang dilaporkan.

Peringkat Itu:

1. Bupati Nganjuk Rp 15,7 miliar
2. Wali Kota Kediri Rp 12,5 miliar
3. Gubernur Soekarwo Rp 8,9 miliar
4. Bupati Jombang Rp 6,9 miliar
5. Wakil Gubernur Saifullah Yusuf Rp 6,2 miliar

Menjadi pejabat yang kaya raya sih tidak masalah sepanjang kekayaan itu diperoleh dengan hasil yang jujur.

Sumber : tempointeraktif / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami