7 Kiat Mencapai Konsentrasi Kerja

Investment / 21 August 2009

Kalangan Sendiri

7 Kiat Mencapai Konsentrasi Kerja

Lestari99 Official Writer
3572

Kondisi untuk mencapai konsentrasi dalam produktivitas kerja membutuhkan upaya yang disengaja dan latihan. Berikut adalah beberapa langkah kunci dan kiat untuk mencapai kondisi tersebut:

1. Pilihlah Pekerjaan yang Anda Cintai

Bila Anda benar-benar tidak betah dengan suatu aktivitas atau pekerjaan, Anda pasti akan mengalami kesulitan untuk bisa berkonsentrasi melakukan pekerjaan tersebut. Memang harus diakui tidak ada pekerjaan yang benar-benar ideal; setiap pekerjaan apapun itu pasti akan ada aktivitas-aktivitas di mana kita merasa enggan untuk melakukannya. Asalkan Anda bisa menekan hal itu seminimal mungkin, Anda masih bisa memiliki porsi yang banyak untuk aktivitas-aktivitas yang Anda sukai. Jika pekerjaan Anda berisi banyak aktivitas atau pekerjaan yang memang tidak Anda sukai, jangan-jangan Anda sebaiknya pindah. Atau bila tidak, carilah proyek-proyek di lingkup pekerjaan Anda itu di mana ada banyak kerjaan yang Anda sukai di sana. Apapun itu, Anda harus menemukan pekerjaan yang betul-betul bisa Anda sukai.

2. Pilihlah Urusan atau Pekerjaan (Task) yang Penting

Memang konsentrasi bisa dengan mudah Anda dapatkan dari aktivitas hobi atau hiburan, seperti membaca novel, menonton film atau main game. Tapi Anda tidak lantas mengatakan bahwa menjalani itu semua dapat dibilang sebagai perihal yang produktif. Terkait masalah kerjaan pun, ada urusan-urusan yang meskipun Anda senangi tapi sebenarnya tidaklah begitu penting dan juga terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Di luar itu, ada juga pekerjaan yang Anda sukai dan berpotensi besar untuk memberikan imbalan jangka panjang bagi kehidupan pribadi ataupun karir Anda, maka pilihlah yang terakhir ini; bukan hanya secara pemanfaatan waktu lebih baik, tapi Anda juga akan lebih mudah mendapatkan ‘konsentrasi' kerja dari hal itu.

3. Buat Pekerjaan Anda Jadi Menantang Namun Jangan Berlebihan

Bila suatu pekerjaan terlalu gampang untuk diselesaikan, Anda akan bisa merampungkannya tanpa susah payah sampai-sampai Anda merasa konsentrasi tidaklah dibutuhkan. Suatu pekerjaan haruslah cukup menantang sehingga menuntut adanya tingkat konsentrasi penuh dari diri Anda. Namun juga tidak terlalu susah karena nantinya Anda yang kesulitan dan terlarut di sana gara-gara kebingungan bagaimana cara melakukannya dan akhirnya jadi stres sendiri. Anda sendirilah yang paling tahu tingkat kesulitan dari setiap pekerjaan untuk ditangani itu.

4.Carilah Waktu dan Zona Konsentrasi Anda

Anda perlu waktu dan zona hening untuk bekerja, atau Anda akan jadi amat susah untuk berfokus. Seperti dini hari setelah bangun tidur atau pagi hari ketika di kantor, saat teman-teman kerja Anda belum pada datang atau ketika mereka semua masih pada asyik ngopi dan baca-baca koran. Bagaimana kalau sehabis makan siang? Well, kebanyakan orang merasa ngantuk setelah makan siang, jadi sebaiknya jangan. Lalu pilih juga tempat atau posisi duduk yang memungkinkan Anda bisa lebih mudah mencapai konsentrasi. Anda bisa saja mencari tempat konsentrasi kapanpun waktunya dalam satu hari asalkan Anda bisa membuat aturan untuk diri Anda dan teman-teman Anda terkait zona bebas gangguan yang Anda punya.

5. Musnahkan Distraksi

Distraksi adalah pengalih perhatian. Tidak hanya mencari tempat yang tenang untuk bekerja, Anda juga perlu memutuskan diri Anda dari segenap distraksi. Ini artinya Anda perlu mematikan notifikasi email dan messenger, twitter, handphone barangkali dan termasuk musik (kecuali jika musik malah bisa membantu Anda untuk berkonsentrasi). Coba juga untuk membersihkan meja Anda, rapikan dari benda-benda yang tidak perlu yang bisa membuat Anda tiba-tiba tertarik sekedar untuk melihatnya.

6. Belajarlah Untuk Befokus Pada Satu Pekerjaan Selama Mungkin

Ini butuh latihan. Silahkan pilih satu pekerjaan untuk ditangani dan pertahankan fokus Anda terhadapnya selama mungkin. Awalnya, Anda mungkin akan merasa kesulitan jika belum terbiasa, gara-gara tergoda untuk berpindah ke pekerjaan lainnya. Tapi teruslah mencoba, dan kembalikan fokus Anda. Kian lama Anda akan kian bisa berkonsentrasi, terhindar atau malah tidak terpengaruh oleh distraksi.

7. Nikmatilah Konsentrasi Produktivitas Kerja Anda

Bisa mencapai konsentrasi dalam bekerja itu adalah hal yang luar biasa. Dengannya, Anda bisa memanfaatkan waktu Anda dengan amat efisien dan penuh manfaat. Apa yang dihasilkan bisa membawa kepuasan, khususnya apabila yang dilakukan memang adalah urusan-urusan yang penting dan bernilai. Tapi asal tahu saja, bersyukur dan merasa puas karena bisa konsentrasi dalam bekerja baru bisa dilakukan setelah pekerjaan Anda selesai. Saat sedang berkonsentrasi penuh, Anda tidak akan kepikiran untuk bertanya, "Aku sekarang lagi konsen nggak ya?" atau "Aku lagi konsen nih. Gimana, aku menikmatinya nggak ya?" Kalau sampai Anda masih mempertanyakan hal itu, berarti Anda masih belum konsentrasi.

Lakukanlah kiat-kiat ini setiap kali Anda bekerja dan dapatkan hasilnya seiring dengan meningkatnya produktivitas kerja Anda. Siap untuk berkonsentrasi hari ini?

Sumber : akhmadguntar.com
Halaman :
1

Ikuti Kami