Beras Indonesia Diminati Negara Tetangga

Nasional / 20 August 2009

Kalangan Sendiri

Beras Indonesia Diminati Negara Tetangga

Lestari99 Official Writer
2618

Indonesia yang dulu terkenal sebagai negara agraria sepertinya mulai menunjukkan taringnya kembali. Beberapa waktu lalu Malaysia menjajaki kemungkinan untuk mengimpor beras dari Indonesia. Namun Mustafa Abubakar selaku Direktur Utama Perum Bulog menyatakan ekspor beras ke Malaysia baru dapat dilakukan bila Indonesia surplus beras hingga 1,5 juta ton pada kuartal akhir 2009.

Indonesia sendiri menargetkan 38 juta ton beras akan dihasilkan dari produksi dalam negeri, sehingga dibutuhkan surplus produksi hingga 40 juta ton beras bila ingin melakukan ekspor beras. Malaysia sendiri telah mendaftarkan diri untuk menjadi negara pertama yang menjadi target ekspor Indonesia bila tahun ini bisa melakukan ekspor beras.

Selain Malaysia, negara-negara anggota ASEAN lainnya seperti Filipina dan Brunei Darussalam, bahkan Timor Leste juga mengajukan diri agar dapat mengimpor beras dari Indonesia. Beras yang dapat diekspor Indonesia khusus hanya untuk beras jenis medium.

Jika hal ini pada akhirnya dapat terealisasi, semoga saja pemerintah akan bisa lebih memperhatikan nasib para petani maupun kualitas beras yang beredar di tanah air. Sehingga jangan sampai kita bisa ekspor beras, tapi masih ada saja masyarakat yang tidak dapat mengkonsumsi beras karena ketidakmampuan ekonomi.

Sumber : metrotvnews / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami