Menyelamatkan Pernikahan, Mungkinkah?

Marriage / 17 August 2009

Kalangan Sendiri

Menyelamatkan Pernikahan, Mungkinkah?

Lestari99 Official Writer
3915

Mengapa angka perceraian meningkat akhir-akhir ini? Mengapa pasangan yang tampak begitu serasi dan bahagia lalu dalam hitungan tahun bahkan bulan tiba-tiba mengakhiri pernikahan mereka? Menyelesaikan masalah di antara pasangan suami isteri dengan bercerai bukanlah jalan keluar yang baik.

Jadi jika Anda memiliki masalah apapun dalam hubungannya dengan pasangan Anda dan berpikir untuk bercerai, Anda harus terlebih dahulu melihat pada beberapa cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi dan menyelamatkan pernikahan Anda.

1. Kita Hanyalah Manusia Biasa

Anda harus memahami kenyataan bahwa tidak ada satu orangpun yang sempurna di dunia ini. Dalam sebuah ikatan, konflik dan masalah akan selalu timbul antara dua orang yang sebelumnya telah membawa masalahnya masing-masing. Misalnya saja ketika pasangan suami isteri diperhadapkan dengan masalah anak, masalah keuangan dan masalah lain yang dapat menyebabkan stres.

Kita hanyalah manusia biasa, sehingga kita cenderung berdebat untuk keluar dari masalah. Namun bagaimana pun juga perdebatan itu terkadang menjadi terlalu pahit untuk diakhiri dan dapat berakhir dengan bercerai. Untuk menyelamatkan sebuah pernikahan, pasangan suami isteri harus menyadari bahwa manusia memang tidaklah sempurna, jadi kita perlu belajar lebih lagi untuk mengampuni kesalahan pasangan kita. Hanya ketika Anda berdua bersedia saling mengampuni dan bersama-sama mengatasi masalah, maka Anda dapat menyelamatkan pernikahan.

2. Memberi dan Menerima

Agar sebuah hubungan dapat berjalan dengan baik, pasangan suami isteri perlu belajar akan arti dari nilai memberi dan menerima. Seorang suami tidak seharusnya selalu mendapatkan keuntungan dari isterinya, demikian pula sebaliknya. Salah satu pihak akan selalu merasa bahwa pihak yang lain telah berlaku tidak adil dan akibatnya akan menyebabkan persoalan di pernikahan mereka. Untuk menyelamatkan pernikahan Anda, belajarlah agar bisa berkompromi. Apa untungnya jika Anda selalu ‘memenangkan' pertengkaran tapi keluarga Anda pada akhirnya harus berakhir?

3. Komunikasi yang Baik

Memiliki komunikasi yang baik dengan pasangan Anda adalah sebuah hal yang penting. Jika komunikasi tidak terjalin dengan baik atau kurang komunikasi, maka salah pengertian di antara Anda berdua atau bahkan seluruh anggota keluarga Anda dapat dengan  mudah terjadi. Jadi, jagalah komunikasi yang baik dengan pasangan Anda. Anda pasti tidak ingin salah pengertian dapat menghancurkan pernikahan Anda.

4. Jujurlah Pada Pasangan Anda

Merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk senantiasa jujur dengan pasangan Anda. Menyimpan sebuah rahasia dari pasangan Anda dapat menimbulkan masalah yang serius ketika pasangan Anda mengetahui hal itu dari sumber yang lain dan bukan dari Anda sendiri. Dalam beberapa kasus, pasangan Anda bisa saja marah kepada Anda. Namun dalam kebanyakan kasus, pasangan Anda benar-benar merasa kecewa karena Anda telah bertindak tidak jujur.

5. Konseling Pernikahan

Jika Anda telah mencoba semua cara namun belum terlihat perubahan sama sekali, maka langkah berikutnya adalah mencari pertolongan dari pihak luar yang lebih profesional seperti konselor pernikahan. Para profesional ini akan bertindak sebagai mediator dan mereka memiliki kualifikasi dan berpengalaman untuk menghadapi masalah yang sedang Anda hadapi. Pada kenyataannya, banyak pasangan yang menggunakan jasa pelayanan konselor ini telah membuktikan bahwa melakukan konseling merupakan cara yang cukup efektif.

Menyelamatkan sebuah pernikahan melibatkan kedua belah pihak untuk bersama-sama berkomitmen memecahkan masalah bersama. Ketika kedua belah pihak berkomitmen, hal ini menunjukkan bahwa mereka masih saling mencintai dan menolak untuk mengakhiri hubungan pernikahan mereka. Jika salah satu pihak atau bahkan kedua belah pihak tidak tertarik untuk menghentikan perceraian yang sedang datang menjelang, tidak ada lagi yang dapat Anda lakukan tidak perduli sekeras apa pun Anda berusaha. Jadi sebelum Anda menyelamatkan pernikahan Anda, realistislah dengan konsekuensi yang ada.

Namun ada satu hal yang harus senantiasa Anda ingat dan simpan di dalam hati Anda. Pernikahan adalah sebuah rencana Allah yang mulia di dalam hidup Anda. Sementok apa pun jalan yang harus Anda hadapi, bila Anda bergantung sepenuhnya kepada Tuhan, maka jalan keluar pasti akan tersedia bagi pernikahan Anda.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami