Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
2425


Bisnis sampingan saat ini menjadi sebuah trend yang dijalani mereka-mereka yang sudah bekerja atau memiliki usaha yang mapan. Kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil menjadi salah satu alasan orang mengambil bisnis sampingan saat ini.

Setiap kita dapat memiliki bisnis sampingan apabila mau, hanya saja yang menjadi halangan terkadang adalah bagaimana untuk memulainya. Pertanyaan seperti hal-hal apa yang harus diketahui sebelum berkecimpung dalam bidang ini? Atau bagaimana mengelola bisnis sampingan? Yang perlu Anda ketahui semuanya itu punya tips-tips tersendiri. Oleh karena itu, artikel kali ini menjelaskan secara runut tips mudah memulai bisnis sampingan. Berikut tipsnya:

1. Pilih Bidang Yang Anda Kenal. Suka atau tidak suka, mengenal sesuatu, apapun itu adalah sebuah hal yang harus Anda lakukan. Biasanya orang mengenal dari sesuatu yang disenanginya. Cobalah Anda memilih hal-hal yang Anda senangi. Ambil salah satunya dan gali lebih dalam informasi tentang hal Anda senangi tersebut. Dengan melakukan hal tersebut sebenarnya Anda sedang memetakan pasar dari bisnis sampingan yang akan Anda ambil.

2. Manfaatkan Waktu Libur di Akhir Pekan. Sebagai seorang yang memiliki bidang bisnis utama atau investasi utama tertentu, waktu Anda pasti akan sangat terkuras disana. Oleh karena gunakan hari dimana Anda tidak beraktivitas dengan waktu yang padat, misalkan waktu libur di akhir pekan. Namun, Jikalau bisnis sampingan yang sedang Anda lakukan tersebut dapat dikerjakan di hari Anda memiliki waktu yang padat, lakukanlah.

3. Rencanakan Selama Mungkin. Walaupun ini hanyalah bisnis sampingan, jangan menganggapnya sebagai bisnis yang tergantung musim tertentu sehingga Anda melakukan hanya dalam periode singkat. Buatlah perencanaan seperti yang Anda lakukan ketika berinvestasi dalam bidang utama Anda. Dari perencanaan tersebut, Anda akan menemukan langkah-langkah selanjutnya dari apa yang Anda jalani.

4. Jangan Memforsir Diri. Ketika usaha berkembang, sebisa mungkin Anda jangan menjadi tenggelam terus menerus di dalam usaha/bisnis ini. Carilah waktu untuk beristirahat total tanpa memikirkan bisnis dan bisnis. Hal ini cukup ampuh agar Anda tidak mengalami stres karena banyaknya aktivitas dalam satu minggu walaupun bisnis sampingan yang Anda jalankan misalkan hanya dikerjakan selamat 2-3 jam.

5. Jangan Abaikan Pekerjaan Utama. Perlu diingat ini adalah bisnis samping berarti Anda memiliki aktivitas bisnis/investasi utama yang mungkin sudah Anda jalani beberapa tahun ini dan sedang dalam perkembangan yang baik. Jangan karena keuntungan yang Anda dapat begitu besar dari bisnis ini,lalu Anda meninggalkan bisnis/investasi utama Anda. Ingat kembali mengapa Anda mengambil bisnis samping ini dan juga mengapa juga Anda membangun bisnis/investasi utama.

Setelah Anda membaca tips-tips diatas, apakah Anda tertarik melakukannya? Apabila Anda tertarik, lakukan segera atau bila tidak, biarlah ini menjadi pengetahuan yang sewaktu-waktu dapat berguna bagi hidup Anda.

Sumber : tipsanda.com/bm


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tresia 23 February 2020 - 10:00:21

Shalom.. saya ingin menanyakan info rehab Kristen .. more..

0 Answer

Yehezkiel 23 February 2020 - 00:16:02

Bebas dari pornografi

0 Answer

pengiran lang 21 February 2020 - 19:48:28

Menjaga untuk tetap hidup kudus

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7262

Banner Mitra Februari 2020 (3)