10 Tahap Sukses Mencari Kerja

Career / 15 August 2009

Kalangan Sendiri

10 Tahap Sukses Mencari Kerja

Puji Astuti Official Writer
4389

Mencari pekerjaan adalah sebuah kerja keras. Ini adalah sebuah fakta bahwa mencari kerja adalah pekerjaan tersulit yang pernah ada. Kuncinya sukses untuk mencari pekerjaan baru adalah bagaimana Anda menjalani semua prosesnya dengan baik. Anda saat ini sedang berada ditengah "bisnis" pencarian kerja yang sangat luas. Angkat wajah Anda, tegapkan bahu Anda, hal itu akan memberikan perbedaan.

Buatlah lompatan kuantum untuk mendapatkan pekerjaan Anda selanjutnya, hal ini bisa membantu Anda:

Kenali diri Anda. Mulai pencarian pekerjaan Anda dengan menginventaris apa yang Anda miliki, dari apa yang membuat Anda tertarik, keahlian Anda, pencapaian Anda, target, dan nilai-nilai Anda. Buatlah daftar yang terperinci. Kunci kesuksesan dalam pencarian kerja adlah dengan mengenali keunikan kandidat dan mengkomunikasikan secara efektif kepada calon pemberi kerja yang prospektif, baik secara verbal maupun tulisan.

Buat target yang benar. Coba cocokkan keahlian, ketertarikan dan nilai-nilai Anda dengan pilihan karir yang tepat. Hal ini perlu Anda lakukan jika target Anda adalah mendapatkan gaji yang besar, jika tidak maka Anda akan mengikuti jenjang karir tradisional yang membayar Anda rendah. Buat beberapa penelitian di berbagai tempat dan perusahaan. Pelajari bisnis yang berbeda yang membuat Anda tertarik dan buat target untuk memiliki posisi di bidang itu.

Jadilah tegas dan proaktif. Jangan menunggu seseorang mengetuk pintu Anda. Jangan terintimidasi oleh sebuah panggilan wawancara yang potensial, hal ini membuat Anda memiliki strategi yang lebih dari yang lain. Ini penting agar Anda tidak di dahului oleh pesaing Anda.

Tampilkan diri Anda sebagai kandidat yang tepat. Kunci untuk memecahkan dimana keberadaan pekerjaan Anda adalah menampakkan diri Anda sebagai kandidat yang tepat. Banyak peluang pekerjaam seringkali masih tersembunyi di pikiran pada direktur, vice president, dan jajaran manajerial perusahaan sebelum akhirnya hal itu di iklankan. Jika Anda bisa nampak oleh orang-orang itu sebagai kandidat yang tepat, maka mereka akan memilih Anda dan tidak perlu mencari ditempat lain.

Gunakan jaringan Anda. Jaringan yang Anda miliki haruslah menjadi pusat tempat Anda mencari pekerjaan. Katakanlah pada teman Anda, sahabat Anda, saudara dan kenalan Anda bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Buat mereka peka akan setiap kesempatan yang ada dan menyampaikan kepada Anda. Perluas jaringan Anda dan bergabunglah dalam organisasi professional, bergabung di news letter pencarian kerja, dan blasting e-mail atau IM, hubungi mantan professor Anda di kampus dan teman-teman sekelas Anda dan gabung juga di forum-forum diskusi.

Cari bantuan professional. Sekarang banyak agen pencari kerja, baik yang melalui internet maupun tidak. Mereka bisa membawa Anda pada pemberi kerja yang potensial karena memiliki jaringan perusahaan yang besar. Sebelum memilih agensi, pastikan Anda sudah mempelajari performance dan juga pelayanan yang mereka berikan dengan baik, karena mereka memiliki range harga untuk layanannya.

Jadilah fleksibel. Pekerjaan sementara itu baik untuk belajar keahlian baru, mendapatkan pengalaman dan memberi Anda penghasilan sebelum menemukan pekerjaan permanent yang Anda cari. Hal itu juga untuk membuktikan bahwa Anda berkualitas dan ada di baris pertama untuk posisi pekerjaan sepenuh waktu yang ada.

Katakanlah dengan jelas. Ketika mengirim lamaran, buat pemberi kerja potensial Anda tertarik dan mempertimbangkan Anda sebagai kandidat yang tepat untuk posisi yang ada saat ini. 

Buat catatan. Mencatat setiap kemajuan pencarian kerja Anda adalah sesuatu yang penting. Buat file setiap lamaran yang sudah Anda kirim termasuk komunikasi yang pernah dilakukan, interview, referensi, dan tindakan follow up yang diberikan. Hal ini akan membantu Anda membangun jaringan dan mendapatkan kontak yang berharga baik untuk pencarian kerja Anda maupun untuk di masa depan nanti.

Miliki ketekunan. Mencari kerja adalah kerja keras dan ada waktunya dimana Anda mulai kelelahan. Tetaplah berpikir positif, dan jadikan perburuan pekerjaan Anda sebagai sesuatu yang menantang. Pekerjaan yang tepat sudah menunggu Anda di luar sana, jadi bersemangatlah. Selamat mencoba!

Sumber : allbusiness.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami