Dompetmu Ceritakan Siapa Dirimu

Investment / 12 August 2009

Kalangan Sendiri

Dompetmu Ceritakan Siapa Dirimu

Puji Astuti Official Writer
3934

Dompet adalah sebuah tempat dimana Anda menyimpan banyak hal, dari uang tunai, kartu ATM, kartu kredit, identitas diri, berbagai bon dan banyak hal lainnya. Banyak orang berpikir, dompet adalah sekedar dompet. Namun tidak banyak yang tahu bahwa bahwa dompet Anda bisa menceritakan siapa Anda dan bagaimana cara Anda menangani keuangan yang akan mempengaruhi masa depan ANda.

Menurut ahli keuangan, bagaimana Anda menangani keuangan Anda hari demi hari berbicara tentang karakter keuangan Anda. Hal tersebut dipengaruhi oleh kepercayaan alam bawah sadar Anda. Jadi, mari kita lihat bagaimana dompet bicara tentang si pemiliknya.

 

Ada uangnya, tapi jumlahnya berapa ya?

Anda menaruh uang di dompet Anda, tetapi Anda tidak pernah tahu berapa banyak. Anda berpikir, kenapa harus peduli dengan berapa banyak uang tunai yang ada di dalam dompet jika bisa menggesek kartu kredit ataupun ATM.

Orang yang tidak perduli dengan berapa banyak uang yang ada di dompet bisa juga tidak peduli dengan isi rekeningnya atau bahkan dana pengsiunnya.

 "Ini adalah orang yang takut menghadapi kondisi keuangannya yang sebenarnya," demikian ungkap Manisha Thakor, seorang analisis keuangan dan penulis "On My Own Two Feet."

 

"Anda mungkin tahu ada amplop yang berisi tagihan, tetapi Anda tidak ingin membukanya."

 

Kunci perubahannya adalah hadapi kondisi keuangan Anda, demikian ungkap Thakor. Mungkin Anda tidak memiliki uang sebanyak yang Anda harapkan, tetapi jika Anda mengetahui posisi keuangan Anda itu bisa merubah keadaan Anda. Terus berusaha untuk menuliskan taget berapa jumlah uang yang harus Anda miliki agar Anda bisa merasa aman dalam kondisi keuangan Anda.

 

Aduh..kosong tuh.. ke ATM dulu yuk..

Dompet Anda sering kosong karena Anda tidak bisa memegang uang tunai lama-lama. Tidak peduli berapa seringpun Anda pergi ke ATM, Anda akan menemukan dompet diri Anda dalam keadaan kosong. Sama seperti jenis orang diatas, orang ini menghasilkan uang, tetapi tidak tahu uangnya kemana.

Orang jenis ini sebenarnya ingin tahu uangnya pergi kemana dan sering merasa frustrasi atas ketidakmampuannya untuk menggunakan uang. Kunci bagi orang ini untuk bisa berubah adalah memberikan perhatian.

 

"Perhatikan pola penggunaan uang Anda, dan tuliskan secara terperinci," demikian terang Patrick P. Astre penulis buku "This Is Not Your Parents' Retirement." Anda pastinya tidak bisa mengubah kebiasaan menggunakan uang Anda dalam waktu semalam, buat langkah realistis, sebagai contoh tantang diri Anda dalam tingga minggu ini pastikan Anda tahu kemana saja Anda menggunakan uang.


Uang recehnya dimana-mana...

Uang kembalian sering tertinggal di saku celanan Anda. Begitu juga uang receh, berceceran di mobil, meja kerja, bahkan tas kerja Anda.

Seseornag yang memperlakukan uang seenaknya bisa dikatakan dia tidak peduli tentang uang. Jika Anda meninggalkan uang dimana-mana, pada dasarnya Anda mengatakan uang itu tidak penting dan tidak perlu ditaruh ditempat yang aman.

Kepercayaan ini sering menyabotase kehidupan seseorang. Mereka berpikir bahwa dirinya tidak layak untuk menikmati uang itu. Anda mungkin melihat orangtua Anda dulu bersusah payah untuk mendapatkan uang untuk menopang hidup, dan sekarang Anda cukup berkelebihan tapi tidak layak untuk menikmatinya.

 

Kunci perubahannya adalah pada kebiasaan untuk mengenali kekuatan daya beli dari uang yang biasanya Anda abaikan, terutama uang receh yang sering tercecer dimana-mana. Coba kumpulkan uang kembalian di tempat khusus sehingga Anda bisa menghargai setiap uang yang Anda miliki.

 

Tebal karena banyak struk belanjanya..

Dompet Anda penuh dengan struk, bon dan karcis parkir. Anda ingin mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan Anda, tetapi tidak pernah terwujud. Anda seperti orang yang sudah membeli peralatan olahraga namun tidak pernah menggunakannya.

 

Untuk membuat langkah maju, Anda hanya perlu melakukan sebuah langkah sederhana dengan melakukan filing atas setiap struk, bon dan bukti pengeluaran Anda. Setelah itu lakukan pencatatan dengan baik.

 

Rapi banget bo...

Anda adalah jenis orang yang teratur dan tahu keadaan keuangan Anda dengan pasti. Anda tahu berapa porsi yang bisa dibelanjakan dan berapa porsi yang harus ditabung. Sekalipun orang jenis ini sangat baik dalam mengatur keuangannya, namun masih memiliki potensi terpeleset dalam masalah keuangan.

 

 

Mengidentifikasikan kebiasaan Anda dalam penggunaan uang dan menunjukkan apa artinya hanyalah langkah awal. Terus memonitor kebiasaan penggunaan uang Anda adalah kuncinya. Catat setiap perubahan dalam penggunaan uang.

 

Kesalahan banyak orang adalah, ketika sudah mengetahui hal diatas dia merasa sudah bisa berubah maka masalah keuangannya akan teratasi. Hal itu salah besar, Anda harus tetap waspada bagaimana Anda menggunakan uang Anda.

Sumber : moneycentral.msn.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami