Pemerintah Berwacana Tentang SMK Terbuka

Nasional / 11 August 2009

Kalangan Sendiri

Pemerintah Berwacana Tentang SMK Terbuka

Puji Astuti Official Writer
2846

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) sangat tahu arti pentingnya pendidikan, untuk itu sebuah wacana diungkapkan untuk mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) terbuka untuk mempermudah para lulusan SMP Terbuka melanjutkan pendidikannya.

"Kami akan mengkaji kemungkinan untuk mengembangkan SMK Terbuka untuk jurusan-jurusan tertentu yang relevan dengan kebutuhan masyarakat," demikian ungkap Mendiknas Bambang Sudibyo saat membuka Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomajari) Siswa SMP Terbuka Tingkat Nasional 2009 di Jakarta, Senin malam.

SMP dan SMK terbuka diadakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terkendala oleh keterbatasan ekonomi, geografis dan juga sosial. Dengan sekolah terbuka ini, masyarakat bisa belajar dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kesepakatan siswa.

Untuk SMP terbuka, programnya hampir sama dengan program kesetaraan paket B, namun yang berbeda SMP terbuka khusus anak yang berusia 13-18 tahun dan modul mengacu pada pelaksanaan ujian nasional (UN) pada pendidikan formal.

Pendidikan adalah sesuatu yang penting, dan kini banyak fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah agar pendidikan terjangkau oleh semua kalangan. Dengan masyarakat yang terdidik dan berpengetahuan, Indonesia akan menjadi bangsa yang maju.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami