300 Anak di Cina Keracunan Timah

Nasional / 10 August 2009

Kalangan Sendiri

300 Anak di Cina Keracunan Timah

Lestari99 Official Writer
3306

Berawal dari seorang ibu yang memeriksakan kondisi anaknya yang terlihat aneh karena tidur lebih banyak dari biasanya, tidak dapat berkonsentrasi dan bereaksi dengan sangat lambat, hasil pemeriksaan yang diterimanya malah begitu mengejutkan. Karena berdasarkan pemeriksaan staf medis di Rumah Sakit Pusat Xi'an, didapati sang anak memiliki kandungan timah yang berlebihan di dalam darahnya.

Kekuatiran kontan langsung merebak di antara para orangtua yang tinggal di daerah dekat taman industri Changqing di Kabupaten Fengxiang, karena anak-anak mereka pun memiliki gejala yang sama. Dari hasil pemeriksaan selanjutnya, ditemukan lebih dari 300 anak yang keracunan timah. Kandungan normal timah di dalam darah berkisar dari 0-100 miligram per liter dan kesehatan terpengaruh jika kandungan tersebut melebihi 200 miligram per liter. Pada anak-anak ini, ditemukan kandungan timah di dalam darahnya mencapai 250 miligram per liter.

Menanggapi kondisi ini, pejabat setempat memberikan perawatan medis secara cuma-cuma bagi anak-anak yang kedapatan keracunan timah tersebut. Penduduk setempat meyakini bahwa Pabrik Peleburan dan Timah Dongling Shaanxi adalah penyebab fenomena keracunan timah pada anak-anak mereka, namun belum ada pemeriksaan menyeluruh yang dapat membuktikan tuduhan itu.

Sumber : mediaindonesia.com / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami