8 Ciri Bertanggung Jawab Secara Keuangan

Investment / 10 August 2009

Kalangan Sendiri

8 Ciri Bertanggung Jawab Secara Keuangan

Puji Astuti Official Writer
4500

Apa artinya harus bertanggung jawab secara finansial? Ini adalah pertanyaan yang rumit dengan jawaban yang rumit, tetapi pada intinya adalah kebenaran yang sederhana: Untuk memiliki pertanggungjawaban secara keuangan, Anda harus hidup penuh arti. Dan ke dalam hidup Anda yang berarti, Anda harus menggunakan uang lebih sedikit dari pada yang Anda hasilkan.

Kartu Kredit dan Hutang

Maaf - jika Anda menganggap telah bertanggung jawab secara keuangan hanya karena dapat melakukan pembayaran kartu kredit, Anda salah besar. Sebenarnya, kenyataan bahwa anda memiliki kartu kredit dan  tidak mampu untuk membayar tunai tagihan Anda menunjukkan bahwa Anda sudah menghabiskan lebih dari yang anda peroleh. Bertanggung jawab menggunakan kredit berarti membayar tagihan Anda secara penuh setiap bulannya.

Membedakan kebutuhan dan kemewahan

Bagi banyak orang, mereka tidak bisa membedakan hidup glamour dan kebutuhan. Sebagai contoh, Anda membutuhkan mobil, tapi Anda tidak harus membeli mobil sedan karena hal itu bukanlah hal utamanya kecuali Anda bisa membayarnya secara tunai. Sebagai contoh lain, Anda membutuhkan sebuah rumah, dan mengajukan kredit. Artinya, cicilan rumah tersebut haruslah 1/3 dari penghasilan Anda. Jika diatas itu, maka Anda sudah memaksakan diri.

Bayar diri Anda sendiri dulu

Banyak orang membayar berbagai tagihan dengan begitu mudahnya tanpa pernah memikirkan menabung, hal ini juga merupakan tindakan tidak bertanggung jawab. Setiap orang pasti menginginkan untuk pengsiun suatu saat nanti, tapi mereka melupakan hal serius untuk sampai disaat itu yaitu menabung. Untuk pengsiun Anda, minimal Anda harus menabung 10% dari penghasilan Anda tiap bulannya.

Dana tak terduga

Bertanggung jawab secara keuangan artinya Anda mempersiapkan diri untuk hal-hal yang tidak diharapkan. Hal paling umum untuk itu adalah memiliki tabungan yang dapat menopang Anda sebesar enam kali jumlah penghasilan Anda setiap bulannya.

Jangan iri pada tetangga Anda

Bertanggung jawab secara keuangan artinya Anda perduli kepada kebutuhan keluarga Anda. Untuk bisa melakukan ini, Anda harus fokus ke dalam keluarga Anda. Jangan pedulikan tetangga Anda sudah membeli tv baru, mobil baru, atau baru pulang dari liburan. Yang Anda perlu perhatikan, sudahkah tagihan di bayar, makanan di rumah tercukupi, dan semua tidak kekurangan.

Membuat anggaran

Membuat anggaran adalah pilar utama dalam bertanggung jawab secara keuangan. Anda harus tahu kemana uang Anda mengalir. Sama seperti seorang pemilik usaha sangat mengerti pentingnya cash flow, demikian juga dengan keuangan pribadi dan keluarga, cash flow itu penting.

Buat definisi Anda sendiri

Apakah keuangan yang bertanggung jawab itu artinya harus berhemat dan menabung? Mungkin, jika itu artinya bagi Anda. Namun dilain pihak, jika Anda adalah seorang miliader artinya memiliki jet pribadi, vila pribadi dan liburan keluar Negeri. Anda harus membuat definisi sendiri tentang arti keuangan yang bertanggung jawab yang menurut Anda cukup berharga untuk Anda perjuangkan.

Akhir dari "Bertanggung jawab"

Puncaknya, tanggung jawab secara keuangan artinya hidup dengan penuh arti, tergantung bagaimana Anda menentukan apa itu "berarti." Untuk itu, Anda perlu melihat keadaan keuangan Anda lebih dekat lagi, lakukan evaluasi tentang pendapatan Anda, kebiasaan pengeluaran dan sesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber : investopedia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami