Pria-pria Dibelakang Es Krim

Entrepreneurship / 9 August 2009

Kalangan Sendiri

Pria-pria Dibelakang Es Krim

Puji Astuti Official Writer
3070

Es krim adalah sesuatu yang manis dan enak yang hampir sulit ditolak oleh setiap orang. Es krim sudah dikenal diberbagai belahan dunia, setiap produk memiliki ciri khas dan variasi rasanya sendiri. Salah satu produsen yang sangat dikenal di Amerika adalah Ben & Jerry, sebuah merk yang dikenal dengan berbagai rasa yang unik seperti Cherry Garcia dan Chunky Monkey dan Groovy Vermont Vibe.

Ben Cohen dan Jerry Greenfield merupakan teman sejak kecil, mereka lahir hanya berbeda empat hari di Brooklyn, New York pada tahun 1951. Bisa dikatakan bahwa es krim itu mengalir dalam aliran darah mereka berdua. Selama duduk dibangku SMA, Ben bekerja sambilan mengendarakan truk es krim. Setelah lulus SMA, Ben drop out dari beberapa perguruan tinggi. Akhirnya dia tinggalkan bangku kuliah dan bekerja di pertanian.

Sedangkan Jerry memiliki jalan kehidupannya yang berbeda, setelah lulus SMA dia melanjutkan kuliah ke Oberlin College untuk belajar medis. Ketika kuliah itu, Jeryy bekerja sambilan di sebuah kios es krim pada kafetaria kampusnya. Setelah lulus, Jerry bekerja di New York sebagai teknisi laboratorium. Pada saat itulah Jerry kembali bertemu dengan Ben dan berbagi kamar apartemen. Setelah pindah ke North Carolina selama beberapa tahun, Jerry akhirnya kembali bersama Ben untuk memulai bisnis makanan.

Mereka mengambil les membuat es krim seharga 5 dolar dan memulai berjualan es krim di sebuah kafetaria kampus. Lalu pada 1978, Ben & Jerry mulai perluasan dengan membuka kedai di pompa bensin untuk  pertama kali.

Ben dan Jerry terus berinovasi dengan berbagai rasa baru, pada tahun 1980 mereka mulai menjual es krim di toko-toko lokal, dan pada terus berkembang. Pada tahun 1988, bisnis tersebut dijual seharga 32 juta dolar. Pada tahun itu, Presiden Ronald Reagan menganugrahkan pada Ben & Jerry sebagai US Smaall Business Person of the Year.

Salah satu kunci terus berkembangnya bisnis Ben & Jerry adalah nilai-nilai sosial yang menjadi etos perusahaan mereka, beberapa hal seperti dibawah ini:

  • Sendok es krim mereka berasal dari bahan recyle
  • Pada tahun 1989 mereka menciptakan "Grean Team" yang fokus pada edukasi lingkungan melalui perusahaan mereka.
  • Melengkapi bis perusahaan dengan panel energi matahari.
  • Menggunakan susu yang bebas hormon pada produknya.
  • Perusahaan menggunakan fasilitas untuk mendaur ulang limbah, air dan juga mengembangkan energi ramah lingkungan.
Sumber : about.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami