Usir Bau Mulut Dari Hidup Anda

Fit & Charming / 7 August 2009

Kalangan Sendiri

Usir Bau Mulut Dari Hidup Anda

Puji Astuti Official Writer
9849

\"\"Masalah bau mulut, seringkali hal ini membuat semua kepercayaan diri lenyap dalam sekejab apa lagi jika harus bicara dengan rekan atau klien penting. Berbagai cara mungkin sudah Anda lakukan, namun semua itu tidak banyak membantu. Sebenarnya apa sih penyebabnya?

Mungkin Anda sudah tahu bahwa makanan yang mengandung bawang putih, ataupun bawang merah dan bawang bombay bisa mempengaruhi bau mulut kita. Hal ini disebabkan makanan yang kita makan diserap oleh aliran darah dan di transfer ke paru-paru dihembuskan melalui saluran pernafasan. Tetapi sebenarnya, bau mulut yang disebabkan oleh makan itu hanya bersifat sementara.

Lalu apakah ada penyebab lain?

Sebenarnya, sebagian besar masalah bau mulut kita disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang tersangkut di mulut kita. Ketika ada makanan yang tersangkut dimulut, hal itu mengundang bakteri pengurai yang menyebabkan bau mulut. Hal lain juga disebabkan karena tidak diperhatikannya kesehatan mulut, tidak dibersihkan dengan baik, ataupun juga karena merokok. Bau mulut juga bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan dari pencernaan, paru-paru dan aliran darah.

Hal lain yang kemungkinan kecil pengaruhnya adalah xerostomia (mulut kering). Ketika mulut Anda kering, produksi air liur berkurang, hal ini mengurangi kemampuan alami mulut untuk membersihkan dirinya. Air liur adalah mouthwash alami yang mengandung bahan pengurang jumlah bacteria penyebab bau mulu. Konsumsi arkohol, dan juga obat-obatan, dan juga bernafas menggunakan mulut ataupun masalah kelenjar air liur bisa menjadi penyebab mulut kering.

Cara mengatasi bau mulut dengan benar:

  • \"\"Sikat gigi dan berkumur setelah Anda makan untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan yang mungkin tertinggal di mulut dan sela-sela gigi.
  • Ketika Anda menyikat gigi, sikat juga lidah Anda. Lidah kita itu ditutupi oleh rambut halus yang kemungkinannya bisa menyimpan bakteri.
  • Periksakan gigi Anda secara teratur untuk membuang karang gigi dan juga mencegah kerusakan gigi yang mungkin terjadi.
  • Kunyah permen karet rendah gula untuk meningkatkan air liur di mulut.
  • Jika mulut Anda kering, minum air putih yang banyak. Kumur sekitar 20 detik untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang tertinggal.
  • Hindari penyegar nafas dan mouthwash yang mengandung arkohol. Bukannya membantu hal itu hanya memperburuk saja. Anda hanya terbantu beberapa saat oleh bau mint-nya, tetapi membuat mulut Anda kering, dan menciptakan lingkungan bagi bacteria mulut.
  • Mengudap sayuran seperti seledri dan wortel akan mengurangi plag pada gigi.
  • Jika Anda akan ada rapat penting ataupun kencan dengan pasangan Anda, hindari makanan penyebab bau mulu seperti bawang putih dan bawang bombay.
  • Hindari konsumsi arkohol dan kafein, hal ini akan membuat mulut Anda kering.
  • Berhenti merokok. Tar dan nikotin akan membentuk lapisan coklat di gigi Anda, lidah dan juga bagian pipi Anda. Selain itu rokok membuat mulut kering dan menghambat produksi air liur.
  • Chlorophyll adalah penyegar mulut alami dan Anda bisa mendapatkannya langsung dari sayuran hijau seperti sledri.
  • Beberapa tetes peppermint atau minyak daun teh bisa Anda gunakan sewaktu menyikat gigi untuk menghasilkan nafas yang fresh. 
  • Baking soda memiliki sejarah panjang dalam menjaga kesehatan mulut dan memerangi bau mulut.;
  • Campur 50 % hydrogen peroxide dan 50 % air lalu gunakan untuk kumur seperti menggunakan mouthwash. Hydrogen peroxide dapat membunuh banyak bakteri yang menyebabkan bau mulut.
Sumber : About.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami