Masker, Efektifkah Lindungi Dari Influenza A-H1N1?

Solusi Sehat / 7 August 2009

Kalangan Sendiri

Masker, Efektifkah Lindungi Dari Influenza A-H1N1?

Tammy Official Writer
5566
Masker Flu BabiMasker kerap disebut sebagai alat biosecurity standar yang wajib dikenakan pada masa pandemik flu ini. Namun, cukup efektifkah masker melindungi kita dari virus?

Masker biasanya digunakan oleh praktisi kesehatan untuk operasi atau saat memeriksa pasien. Selain masker sekali pakai, ada pula masker yang bisa dipakai berulang. Namun, masker pakai ulang itu tidak direkomendasi.

Minimnya bukti ilmiah menyebabkan Center for Disease Control and Prevention AS tidak bisa memastikan apakah masker bisa jadi pelindung penularan virus H1N1.

Meski begitu, saah satu studi menunjukkan, penggunaan masker bisa mengurangi risiko penyebaran flu saat salah seorang anggota keluarga terserang. Ditambah dengan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kontak jarak dekat dengan pasien yang sakit, risiko penularan berkurang hingga 60 persen.

Masker kategori N95 atau masker respirator secara teori bekerja lebih efektif dibandingkan masker bedah yang lebih longgar. Namun, sebuah studi membantah teori tersebut yang menunjukkan tidak ada perbedaan berarti antara kedua jenis masker itu.

Studi yang dilakukan terhadap musang menunjukkan bahwa masker jenis N95 dianggap mampu menahan penyebaran flu A-H1N1 lewat percikan air ludah atau hidung dalam jumlah besar.

Masker Flu BabiSayang, kebanyakan orang tidak menggunakan masker secara benar dan kurang konsisten. Agar penggunaan masker makin efektif, berikut panduan memakai masker selama musim flu:

- Gunakan masker, disarankan jenis N95. Bila Anda harus berdekatan dengan orang yang sedang sakit, jaga jarak sekurang-kurangnya 1 meter.

- Gunakan masker N95 bila Anda harus membantu orang yang sakit pernapasan.

- Sebelum memakai masker, cuci tanganlah dengan sabun.

- Jangan sentuh bagian luar masker saat sedang dipakai atau setelah Anda melepaskannya.

- Hanya gunakan masker sekali pakai.

- Bila Anda terkena flu, gunakan masker sebelum berdekatan dengan orang lain. Gunakan juga saat Anda harus keluar rumah.

- Bila Anda sedang sehat tapi di dalam rumah ada anggota keluarga yang sakit flu, gunakan masker sebelum berdekatan dengan orang lain. Mengapa? Karena mungkin Anda sudah terinfeksi dengan virus, tetapi belum menunjukkan gejala.

- Jangan hanya mengandalkan perlindungan dari masker. Hindari keramaian dan sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami