Waspadai Minuman Berkalori Tinggi

Info Sehat / 6 August 2009

Kalangan Sendiri

Waspadai Minuman Berkalori Tinggi

Tammy Official Writer
4843
\"IcedNgobrol bersama teman di siang hari tentu lebih asyik ditemani segelas jus buah atau iced coffee. Untuk mereka yang ingin menghilangkan lemak, kebiasaan ini adalah trik yang salah.

Iced coffee termasuk dalam minuman berkalori tinggi. Minuman manis ini merupakan kombinasi dari gula, susu tinggi lemak dan krim, ditambah kopi dingin. Kalori yang terkandung dalam segelas iced coffee sekitar 450-550 atau setara dengan satu loyang pizza ukuran besar.

"Jumlah kalori sebesar (400-500) itu seharusnya didapat dari makan malam, bukan segelas minuman," kata Dr Rachel Thomson, Science Programme Manager di The World Cancer Research Fund.

Untuk menyiasatinya, Thomson menyarankan agar memilih kopi tanpa pemanis atau susu rendah lemak yang kalorinya lebih sedikit. "Selain gula, krim atau sirup yang ditambah dalam minuman membuat nilai kalorinya tinggi," kata Thomson.

\"MinumanJus buah atau susu juga mengandung kalori tinggi. Karena itu, mengganti camilan dengan minuman berkalori tinggi itu tidak disarankan untuk mereka yang tak ingin gemuk. Sebagai patokan, kebutuhan kalori orang dewasa rata-rata setiap hari adalah 2.000-2.200 kalori dengan pembagian karbohidrat 60-75 persen, protein 10-15 persen, dan lemak 10-25 persen.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami