Pertimbangan Sebelum Memutuskan Homeschooling

Parenting / 5 August 2009

Kalangan Sendiri

Pertimbangan Sebelum Memutuskan Homeschooling

Puji Astuti Official Writer
3676

Memutuskan untuk menyekolahkan anak di sekolah formal atau homeschool bukanlah pilihan yang mudah. Jika melihat beberapa orangtua yang sudah menerapkan homeschool untuk anak-anaknya sepertinya terlihat mudah. Namun pada kenyataanya tidak semudah yang dilihat. Jika Anda ingin anak-anak Anda homeschooling maka beberapa  hal ini, bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. 

  • 1. \"\"Komitmen waktu. Homeschooling pastinya akan mengambil sebagian besar waktu Anda. Ini lebih dari duduk bersama buah hati Anda dengan buku selama beberapa jam. Ada eksperimen yang harus dilakukan dan tugas yang dikerjakan, menyiapkan pelajaran, tugas yang harus diperiksa, perjalanan ke tempat penilitian, hari kunjungan kealam, pelajaran musik dan masih banyak hal lain yang harus dilakukan.
  • 2. Pengorbanan pribadi - Orangtua yang anaknya homeschooling sangat sedikit memiliki waktu pribadi. Jika Anda bersedia berkorban demi anak-anak Anda, maka menyediakan waktu bagi buah hati Anda bukanlah sesuatu yang berat. Pada dasarnya dalam homeschooling anak dan orangtua bersama selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
  • 3. Berkurang pemasukan - Orangtua yang menerapkan homeschooling biasanya akan berhenti bekerja, hal ini artinya pemasukan keluarga berkurang. Beberapa hal pasti akan dikorbankan jika biasanya suami - istri bekerja.
  • 4. Sosialisasi - Anda perlu memberikan perhatian lebih banyak dalam mengajak anak-anak Anda untuk bersosialisasi. Keindahan homeschooling adalah Anda bisa memiliki kendali siapa saja orang-orang yang bisa berhubungan dengan anak-anak Anda. Selain itu, ada kelas khusus homeschool setiap periode yang bisa menambah kekayaan anak Anda dalam bersosialisasi.
  • \"\"5. Mengatur pekerjaan rumah - pekerjaan rumah dan mencuci sering tidak bisa tertangani, namun jika Anda bisa mengatur waktu Anda dengan baik maka hal itu bisa Anda atasi. Mungkin awalnya Anda akan kerepotan dalam menangani berbagai pekerjaan rumah, tapi Anda harus berusaha keras dalam memanajemennya.
  • 6. Pasangan Anda telah setuju - Hal ini sangat penting bagi suami istri harus sama-sama setuju untuk mendidik anak dengan cara homeschooling. Akan sangat sulit jika pasangan Anda menentangnya. Jika pasangan Anda masih menolak konsep homeschooling, lakukan riset dulu lebih banyak, tanya lebih banyak orang sehingga Anda bisa meyakinkan pasangan Anda.
  • 7. Apakah anak Anda bersedia? - Kemauan adalah kunci keberhasilan pembelajaran. Jangan memutuskan sendiri dalam hal ini, ajak anak Anda untuk berdiskusi dan beri pandangan kepadanya sehingga dia memiliki kemauan dan kesediaan untuk belajar dengan cara homeschooling.
  • 8. Komitmen tahunan - Homeschooling bukanlah komitmen seumur hidup - kebanyakan orangtua memutuskan menjalankannya satu tahun demi satu tahun dan bisa berpindah ke sekolah formal sewaktu-waktu.
  • 9. \"\"Terintimidasi apakan bisa mengajar? Jika Anda bisa membaca dan menulis, maka Anda pasti bisa mengajar anak Anda. Kurikulum dan materi pengajaran akan membantu Anda dalam merencanakan pelajaran dan cara mengajar. Cari bantuan jika Anda merasa ada hambatan atau bayarlah guru les untuk materi yang sangat sulit dan tidak Anda kuasai.
  • 10. Mengapa orang lain menggunakan metode homeschooling? - Akan sangat membantu jika Anda mendengar mengapa keluarga lain memilih homeschooling. Cobalah cari teman yang menerapkan homeschooling juga.
Sumber : About.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami