Waspada Andropause Usia 50-55 Tahun

Info Sehat / 2 August 2009

Kalangan Sendiri

Waspada Andropause Usia 50-55 Tahun

agnes.faith Official Writer
4451

\"\"Menopause adalah fase dimana perempuan tidak lagi mengalami menstruasi. Biasanya terjadi pada usia 50 tahun keatas. Menjelang fase itu, perempuan cenderung akan lebih sensitive. Pertanyaan para pria adalah, apakah fase itu akan mereka alami? Jawabannya adalah iya. Karena hal itu adalah fase yang pasti akan dialami oleh tiap manusia.

Perbedaan hanya pada sebutan saja. Pada pria, hal ini disebut sebagai Andropause. Sama dengan pada perempuan, andropause pada laki-laki terjadi saat usia 50-55 tahun. Gejala yang paling menonjol adalah pria akan mengalami fase dimana funsi ereksi atau libidonya menurun. Hal ini akan terus terjadi selama fase ini. hal ini disebabkan karena menurunnya produksi hormone testosteron. Penurunan tersebut sekitar 1- 15% dan tidak seperti pada perempuan yang bisa mencapai 80%.

Hal ini dapat Anda siasati. Karena ternyata penyebab yang menjadikan hal ini adalah gaya hidup Anda. Anda dapat menundanya dengan bergaya hidup sehat. Hindari makanan yang sulit dicerna tubuh. Hindari rokok, minuman keras dan makanan lain yang malah merugikan kesehatan Anda.

Bila Anda sudah ada fase ini, maka Anda pun dapat mengatasinya dengan cara terapi hormon.  Ingatlah bahwa semua terletak pada gaya hidup Anda. Perhatikan pola makan dan menjaga kesehatan sangatlah penting.

Sumber : disadur dari perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami