Atur Keuangan Anda Dengan Sistem Amplop

Investment / 2 August 2009

Kalangan Sendiri

Atur Keuangan Anda Dengan Sistem Amplop

Puji Astuti Official Writer
3436

Salah satu cara mudah untuk mengatur pengeluaran Anda adalah dengan sistem amplop. Ini adalah sebuah cara mengatur keuangan yang telah diterapkan sejak lama, mungkin dari generasi kakek dan nenek kita. Dengan cara ini, Anda harus berhenti menggunakan uang yang ada rekening kecuali untuk membayar tagihan yang biasa Anda bayar langsung melalui ATM ataupun e-banking. Gunakan uang hanya yang ada di amplop dan jangan lebih dari yang sudah dibugetkan.

Bagaimana caranya:

  • 1. Buatlah buget Anda secara terperinci. Lalu tentukan mana yang perlu dilakukan dengan sistem amplop dan mana tagihan yang harus dibayar melalui rekening Anda. Hal-hal umum yang bisa menggunakan sistem amplop ini adalah seperti kebutuhan bahan pokok sehari-hari, makan keluar, uang bensin dan pemeliharaan kendaraan, kategori entertain, uang untuk charity, pengeluaran rumah, dan pengeluaran yang tak terduga.
  • 2. Keluarkan uang cash dari bank, akan lebih baik Anda meminta pecahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan dengan kategori yang ada. Anda perlu tuliskan dengan terperinci sebelum Anda pergi ke bank.
  • 3. Buatlah label di tiap amplop berdasarkan kategori yang sudah Anda tentukan. Pastikan tempat Anda menyimpan amplop tersebut aman. Untuk mempermudah, ketika Anda keluar rumah bawalah uang untuk hal-hal yang tak terduga.
  • 4. Mungkin dalam pelaksanaannya, ada yang over buget atau bahkan Anda menggunakan uang dari kategori lain untuk menutup kebutuhan Anda. Jika hal ini terjadi, jangan cepat putus asa. Cobalah lagi dan lakukan dengan disiplin.
Sumber : About.com
Halaman :
1

Ikuti Kami