Delima Bagus Untuk Jantung

Gizi & Nutrisi / 1 August 2009

Kalangan Sendiri

Delima Bagus Untuk Jantung

Budhi Marpaung Official Writer
4653

Tahukah Anda bahwa buah delima yang sering dimanfaatkan pada tradisi tujuh bulanan dalam kebudayaan jawa ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa? Dalam beberapa literatur dituliskan bahwa delima (Punica granatum - bahasa latin) kaya zat antioksidan Polyphenol seperti tanin dan anthocyanin.

Dalam situs Kompas.com yang merilis artikel ini, dituliskan bahwa kandungan anti-oksidan dalam delima diketahui mampu mencegah timbulnya plak di pembuluh darah, mengurangi kadar kolestrol jahat, LDL.

Khasiat lain dari buah merah ini adalah dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. Berdasarkan penelitian terhadap 45 orang yang menderita penyakit jantung iskemik menunjukkan bahwa mereka yang meminyum 8 ons jus delima setiap hari selama 3 bulan tidak mengalami iskemia selama penelitian. Hal tersebut disampaikan Karen Collins, ahli nutrisi dari American Institut for Cancer Research, yang dikutip Kompas.com dari newsletter Nutrition Wise.

Walaupun penelitian terhadap buah delima sudah cukup banyak dilakukan dan menunjukkan manfaat yang besar, tetapi tidak semua peneliti yang berpendapat bahwa buah ini dapat mencegah penyakit jantung. Menurut mereka, harus ada penelitian lanjutan sebelum menyimpulkan hal tersebut.

Wah... ternyata buah delima banyak sekali manfaatnya ya. Tidak ada salahnya untuk mencoba buah yang satu ini bukan? Selain menyegarkan, pastinya menyehatkan tubuh. Bagaimana ??

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami