7 Hal Penting Bagi Calon Ayah

Parenting / 29 July 2009

Kalangan Sendiri

7 Hal Penting Bagi Calon Ayah

Puji Astuti Official Writer
3084
Apakah Anda akan menjadi seorang ayah untuk pertamakalinya? Menjadi seorang ayah adalah momen yang menegangkan namun juga membanggakan. Banyak hal baru yang akan Anda alami dan juga perlu Anda persiapkan. Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

1.Apakah perlu mendampingi istri ikut kelas mempersiapkan kelahiran?
Berada di samping istri Anda saat dia berada di kelas mempersiapkan kelahiran akan membantu Anda dalam mengenali hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk pasangan Anda. Dapatkan keuntungan dari kelas mempersiapkan kelahiran ini.

2.Apa saja yang berubah dari istri Anda ketika dia mengandung?
Satu hal yang perlu Anda pelajari dengan cepat sebagai seorang calon ayah bahwa banyak hal dalam diri pasangan Anda yang berubah - moodnya, pola tidurnya, ukuran dan berat tubuhnya, dan juga berbagai keinginan yang spontan akan muncul. Belajar untuk memperhatikan perkembangan kandungannya.

3.Apakah saya tidak akan pernah tidur nyenyak lagi?
Ketika bayi lahir, satu hal yang pasti akan Anda rindukan adalah tidur nyenyak Anda. Mungkin pada masa istri Anda mengandung, pasangan Anda selalu membuat Anda terbangun, tetapi pada saat Anda telah menjadi seorang ayah dan bayi Anda telah lahir, Anda akan sering terjaga bahkan tiap malam. Belajarlah untuk mengatur kebutuhan Anda untuk istirahat sehingga Anda bisa tetap membantu istri Anda dalam menjaga buah hati Anda namun juga bisa tetap menjaga kesehatan Anda.

4.Membuat rumah aman bagi bayi
Salah satu perubahan yang perlu Anda ubah adalah keadaan rumah Anda. Ketika bayi mulai bisa merangkak dan pergi kesana-kemari, penting sekali untuk membuat rumah Anda aman bagi buah hati Anda. Pastikan saklar listrik tidak ada yang berada di jangkauan anak Anda. Buatlah tangga tertutup sehinga menutup kemungkinan anak Anda untuk naik tangga tersebut, dan banyak hal lainnya.

5.Apa yang harus saya lakukan ketika untuk pertama kalinya saya sendirian bersama sang bayi.
Salah satu hal yang akan membuat Anda sedikit kebingungan adalah waktu Anda untuk pertama kalinya ditinggal sendirian bersama bayi Anda. Sekalipun mungkin sedikit repot, namun hal ini bagus untuk membangun ikatan antara Anda dan anak Anda. Pelajarilah bagaimana mengganti popok bayi, cara memandikannya, bagaimana membuatkannya susu, dan hal lainnya. Pastikan Anda bisa menunjukkan pada pasangan Anda bahwa Anda bisa dipercaya dan merupakan seorang ayah yang bisa diandalkan.

6.Kapan saya perlu menghubungi dokter anak saya?
Pelajari hal-hal penting mengenai kesehatan anak Anda, dan konsultasikan dengan dokter anak Anda hal-hal seperti apa yang urgent sehingga perlu menghubungi dia, dan hal-hal yang bisa Anda tangani sendiri.

7.Apa dampak masa kecil saya bagi sang bayi?
Terkadang kita memiliki kecenderungan membandingkan masa kecil kita dengan anak kita. Pastinya sebagai orangtua kita ingin hal-hal baik dimasa lalu kita juga dirasakan oleh anak kita, dan apa yang kita rasa buruk akan berusaha kita jauhkan darinya. Namun jangan jadikan anak Anda sebagai bahan uji coba, pelajarilah cara mendidik anak sebaik mungkin sehingga dia bisa bertumbuh sebagai seorang anak yang takut akan Tuhan, penuh kasih dan bijaksana.
Sumber : About.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami