4th Avenue Jones

A to Z Biography / 27 July 2009

Kalangan Sendiri

4th Avenue Jones

Lestari99 Official Writer
4182

\"\"4TH AVENUE JONES adalah band yang secara konsisten menetapkan batasan yang jelas dari suara musiknya, sebuah musik campuran yang dipengaruhi rock, soul dan hip-hop yang mengingatkan akan kemuliaan hari ketika musik adalah seni dan inovasi adalah raja. 4th Avenue Jones ‘Hiprocksoul' adalah sebuah citarasa yang menyatukan penulis lagu yang konvensional dengan kombinasi dari energi dan presisi seperti yang terdapat dalam album baru mereka yang luar biasa yang dikeluarkan pada bulan Maret 2005 dengan judul Stereo: The Evolution of Hiprocksoul (Lookalive/Gotee/EMI). Ahmad Jones selaku pemimpin mereka menyebut proyek ini sebagai "sebuah perayaan yang optimis akan musik, dan kemampuan musik itu membantu kami untuk memadamkan asa."

4th Avenue Jones pertama kali didirikan oleh Ahmad Jones, yang telah dikenal lama oleh para fans hip-hop sebagai Ahmad. Single platinumnya di tahun 1994, "Back In The Day" telah membawanya menjadi perhatian publik nasional di usianya yang baru menginjak 18 tahun. Frustrasi oleh politik perusahaan industri rekaman dan ‘sampah' yang dipaksakan untuk disajikan kepada publik, Ahmad memutuskan untuk meninggalkan solo karirnya dan membentuk labelnya sendiri, Lookalive Record. Ahmad membentuknya menjadi tim impian yang membawa musisi berbakat dan berkomitmen pada seni dari musik. "Tujuanku adalah menciptakan situasi yang memungkinkan kami untuk membuat musik yang kami sukai dengan cara kami, dan diperlakukan dengan adil dalam prosesnya," ujar Ahmad. "Di dalam band kami saling mempengaruhi satu dengan yang lain dan selalu saling memperkenalkan kepada artis yang kami ajak kerjasama, seperti Tribe Called Quest, Depeche Mode, Public Enemy, The Cure, Rachmaninoff, Sibelius, Stevie Wonder, Prince, Rage Against the Machine, Radiohead, dan hampir setiap artis yang pernah muncul di YO! MTV Raps. Kami melakukan segala sesuatunya dengan cara berkolaborasi - lebih banyak hal menyenangkan yang kami temukan jika dibandingkan dengan menjadi artis solo."

Visi dari band ini telah disusun semenjak tahun 1997 ketika Ahmad memulai latihan percobaannya di sebuah rumah yang berlokasi di 4th Avenue and Jefferson, di South Central Los Angeles. Tahun 2000 band ini pun terbentuk, dan secara independen mendistribusikan album pertama mereka, No Plan B. Kegigihan mereka terbayar dengan terbentuknya basis penggemar di wilayah Los Angeles dan terus bertumbuh. Diikuti dengan munculnya mereka di harian mingguan lokal bagi event-event musik, telah menyebarkan lirik musik Jones dengan sangat cepat dari band level klasik sampai masuk dalam jejeran musik di sepanjang pantai barat.

\"\"Interscope Record pun menangkap angin yang dihembuskan 4th Avenue Jones, dan dengan cepat melakukan penawaran kepada band ini. Setelah dengan penuh antusias menyelesaikan proyek Interscope di tahun 2002, No Plan B: Pt.2, band ini terus menyetrum para pendengarnya dengan karya mereka, berbagi panggung dengan musisi papan atas seperti Sheryl Crow, Macy Gray, The Roots, James Brown, Black Eyed Peas, Musiq, dan banyak lainnya. Sayangnya, di bawah label Interscope mereka terus dijadwalkan untuk melakukan touring dan proyek album tersebut tak pernah dikeluarkan.

Frustrasi, The Jones akhirnya melepaskan diri mereka dari label rekaman yang menaungi mereka. "Kesan pertama kami akan Interscope fiasco adalah kekecewaan," ujar Ahmad. "Namun kekecewaan ini telah menuntun kami kepada kebebasan bermusik yang lebih lagi. Kami didorong untuk menurunkan kualitas musik kami sesaat selama berada di bawah naungan kebudayaan major label - dan di tingkat bawah sadar kami telah melakukannya. Pelajaran yang kami dapati adalah selalu percaya pada diri kami sendiri dan pada seni musik kami. Kebenaran suara kami tidak akan pernah tersingkap jika kami tidak dipaksa untuk menggali sedikit lebih dalam." Untung saja, ketika mereka kembali kepada status independen mereka, The Jones telah dicap sebagai musisi yang cukup berpengaruh, dan para penggemar mereka tidak beralih ke lain hati.

Terinspirasi akan sebuah visi baru dari hal-hal yang akan datang, beberapa perubahan pun dibuat di dalam band. Ahmad membuat daftar dari para pemusik anggotanya dengan talenta yang luar biasa untuk memposisikan grup mereka dalam perbaikan dan pertumbuhan: isterinya, Tena Jones, menjadi vokalis, Tim Stewart atau "Timmy Shakes" bergabung dalam lead guitar, Gailybird yang luar biasa memegang violin, "Phat" Albert Parker di bass, dan Derrick "Dee" Calloway di drums. Kolaborasi baru ini menunjukkan konsistensi grup ini, menghidupkan performa dan menetapkan langkah untuk fase berikutnya dari karir mereka bersama. "Chemistry kami menunjukkan bahwa kami otentik dalam hal apa saja yang kami lakukan dan siapa kami sebenarnya, dan orang-orang menghargai hal itu," ujar Tena. "Orang-orang yang mensupport band kami tahu bahwa kami selalu memberikan 100% dari seluruh kemampuan dan energi kami selama di panggung, sama halnya dengan persiapan yang kami lakukan sebelumnya."

\"\""Kami menyajikan campuran dari genre musik dengan tetap mempertahankan gaya kami sendiri sehingga memberikan kemampuan kepada kami untuk menjangkau beragam orang," ujar Timmy Shakes. "Saya pikir kami hanya perlu melanjutkan untuk membuat musik yang lahir dari hati, karena orang-orang lapar akan musik seperti itu. Apa yang kami lakukan memang berbeda tapi tetap relevan."

Pada akhirnya, inilah sajian khusus dari 4th Avenue Jones dengan inovasi dan interaksi mereka yang jujur dan menjadi kunci dari kesuksesan mereka. "Saya benar-benar mencintai dan menghormati orang-orang yang tergabung dalam grup ini," ujar Phat Al. "Tentu saja kami menyadari adalah hal yang lebih mudah untuk membuat replika dari setiap lagu yang kami buat dalam perputarannya, tapi saya pikir kami tidak akan bisa lagi melihat diri kami di dalam cermin. Kami telah bekerja begitu keras untuk menumbuhkembangkan ‘Hiprocksoul' yang dapat menjadi anti-klimaks bagi kami untuk mundur dan mengambil jalan pintas untuk keluar. Tapi saya lebih tertarik untuk menjadi bagian dari sesuatu yang benar-benar orisinil dan segar, dan saya pikir orang-orang akan menghargai sebuah perubahan dari apa yang selalu diperlihatkan oleh musik populer."

Dengan daya tarik suara dan penampilan yang luar biasa dalam setiap live show mereka, 4th Avemnue Jones menciptakan beragam pengikut yang setia yang tidak keberatan untuk mendengarkan sesuatu yang baru dan berbeda dari band ini. "Kami tidak akan pernah berhenti untuk berimprovisasi," ujar Ahmad. "Tidak ada tempat yang dapat kami sebut ‘perhentian' dan merasakan kepuasan dalam bermusik. Perjalanan itu sendiri adalah bagian terbaik dari proses." Gailybird menambahkan, "Pada titik ini, saya merasakan kekuatan dari 4th Avenue Jones adalah ketahanan. Kami tidak dibentuk di jalan kami untuk senantiasa merasakan bahwa kami telah mengontrol setiap langkah dari hidup kami. Kami dibentuk untuk mengatasi tantangan, itulah yang telah membentuk kami menjadi sebuah band."

Meet The Band

Ahmad Jones (Vocal)

Tena Jones (Vocal)

Tim "Timmy Shakes" Stewart (Guitar)

Gailybird (Violin)

"Phat" Albert Parker (Bass)

Derrick "Dee" Calloway (Drums)

Website

http://www.4thavenuejones.com/

\"\"Discography

Stereo: The Evolution of Hiprocksoul (2005)

No Plan B: Pt.2 (2002)

Sumber : cbn.com / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami