Cara Menghemat Biaya Kesehatan

Investment / 27 July 2009

Kalangan Sendiri

Cara Menghemat Biaya Kesehatan

Puji Astuti Official Writer
2936

Salah satu pengeluaran terbesar bagi seseorang adalah biaya kesehatan. Apa lagi jika ditempat kerja Anda sama sekali tidak memberikan asuransi kesehatan. Pengeluaran untuk asuransi kesehatan akan menjadi beban Anda, untuk itu ada beberapa tips untuk mengurangi pengeluaran bidang ini.

Berhenti merokok.

Dengan berhenti merokok, Anda bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat dan memiliki uang tambahan karena Anda tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli rokok. Jika Anda berkata bahwa merokok tidak dosa karena tidak ada tertulis dalam Alkitab, alasan pasti untuk Anda berhenti merokok adalah rokok tersebut sedang membunuh Anda pelan-pelan.

Saat ini, penyakit terbesar sebagian besar negara Asia adalah paru-paru. Berhentilah merokok agar lebih sehat dan makmur.

Ubah pola makan Anda.

Dengan mengubah pola makan sehat dan tidak makan makanan cepat saji di luar rumah maka Anda lebih sehat, berat badan turun, resiko terkena diabetes berkurang.

Ketahuilah apa yang Anda beli.

Asuransi kesehatan apapun yang Anda beli baik melalui agen ataupun oleh perusahaan Anda, pastikan bahwa Anda telah mengetahui dengan jelas apa yang Anda dapatkan. Jika Anda membeli sendiri asuransi kesehatan Anda, bandingkan apa yang Anda dapatkan dengan program serupa dari perusahaan asuransi lainnya. Pastikan Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal.

Bicarakan setiap biaya ketika pergi ke dokter.

Jika dokter Anda mendiagnosa keadaan kesehatan Anda, tanyakan dengan jelas tes apa yang diperlukan, resep yang harus dibeli, terapi yang diperlukan dan biaya apa saja yang harus Anda bayar kepada rumah sakit. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda tidak dirugikan dengan ditagih untuk sesuatu yang sebenarnya Anda tidak butuhkan.

Perhatikan antara menggunakan UGD dan layanan reguler.

Biasanya bila menggunakan layanan unit gawat darurat lebih mahal dari pada unit layanan reguler. Pastikan ketika Anda ke rumah sakit bisa memilih untuk mendapat layanan reguler sesuai dengan kondisi Anda.

Bicarakan dengan penasihat keuangan tentang layanan kesehatan jangka panjang. Jika Anda ataupun orang yang Anda kasihi di diagnosa penyakit kronis, apakah Anda sudah siap secara keuangan? Sekalipun hal ini sedikit memberi Anda tekanan, sangat penting memberikan perlindungan finansial bagi keluarga Anda.

Sumber : Christian post/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami