2010, Indonesia Mempunyai Kartu Identitas Baru

Nasional / 26 July 2009

Kalangan Sendiri

2010, Indonesia Mempunyai Kartu Identitas Baru

Budhi Marpaung Official Writer
4476

Pemerintah provinsi DKI Jakarta menyatakan kartu identitas tunggal (single identity number) akan mulai diterapkan sebagai tanda pengenal pengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada 2010. Hal ini disampaikan langsung Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo di Mall Bellagio, Jakarta, 25 Juli 2009.

Foke (panggilan betawi untuk Fauzi Bowo, red) menjelaskan bahwa SIN akan diberlakukan tidak hanya di Jakarta, tetapi di sebagian besar kota besar dan provinsi di Indonesia. Setidaknya ada 160 daerah otonom, termasuk DKI Jakarta yang pada 2010 akan menggunakan sistem baru ini.

Dampak dari perubahan sistem identitas sah warga Indonesia dari KTP menjadi SIN  adalah semua penduduk berapa pun usianya akan mendapatkan SIN dimana nomor itu akan melekat pada orang tersebut seumur hidupnya. Bahkan, bayi yang baru lahir pun akan mendapatkan SIN juga.

Menurut orang nomor satu di DKI Jakarta ini, diharapkan dengan diberlakukannya SIN di tahun depan, masalah-masalah seperti kartu Identitas ganda di Indonesia dan sinkronisasi sosial security number akan dapat teratasi dengan baik.

Sistem tanda pengenal yang baru akan diterapkan pada tahun depan ini sudah selayaknya disambut baik oleh seluruh warga negara Indonesia, termasuk umat Kristiani. Mari bersama-sama dukung upaya pemerintah Indonesia agar tujuan dari hal ini benar-benar tercapai dan ke depannya permasalahan berkenaan kependudukan dapat tertanggulangi.

Sumber : vivanews.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami