8 Jurus Menjaga Keutuhan Pencernaan

Solusi Sehat / 26 July 2009

Kalangan Sendiri

8 Jurus Menjaga Keutuhan Pencernaan

Lestari99 Official Writer
5083

\"\"Maag adalah penyakit umum yang diderita oleh orang-orang ‘sibuk' yang seringkali lupa makan karena tenggelam dalam pekerjaan-pekerjaan mereka. Gangguan pencernaan pun menjadi hal yang sering dialami oleh para pekerja ini, apakah itu kembung, ulu hati sakit sampai pendarahan usus. Padahal menjaga pencernaan tetap sehat adalah sebuah cara agar dapat menikmati hidup dengan nyaman setiap saat. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar kesibukan tak sampai mengorbankan ‘keutuhan' pencernaan:

Pertama, biasakan sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari, karena sarapan penting untuk meningkatkan kinerja. Sarapan pun dapat menghindari kebiasaan ngemil dan jajan sebelum makan siang. Bila tak sempat sarapan, siapkan bekal roti atau makanan kesukaan serta minuman yang cukup. Anda dapat menyantapnya di perjalanan atau ketika sampai di kantor. Jangan santap makanan cepat-cepat karena kurang baik bagi pencernaan.

Kedua, usahakan menyantap makanan utama secara teratur setiap harinya. Bila di antara waktu makan utama diisi dengan kudapan, harus diingat bahwa kudapan bukanlah pengganti makanan utama. Kudapan justru harus dimanfaatkan sebagai tambahan zat gizi. Pilih kudapan berzat gizi seimbang dan tak melulu ‘enak', tinggi kadar kalori, lemak, kolesterol dan gula.

Ketiga, upayakan selalu menyantap aneka ragam makanan yang mengandung sumber zat tenaga (karbohidrat), zat pembangun (protein), dan zat pengatur (vitamin dan mineral). Jangan lupa selalu makan sayur dan buah selain nasi dan lauk pauknya.

Keempat, jangan makan dalam jumlah berlebihan, terutama bila sudah terlambat makan, karena pencernaan kita akan bekerja lebih ‘keras' dan dapat menyebabkan berbagai gangguan, seperti diare, sakit perut dan lainnya.

Kelima, hindari makan berlebih di luar kebiasaan makan utama, misalnya makan di malam hari setelah makan malam, yang lambat laun menyebabkan kegemukan. Makan malam setidaknya dilakukan 2-3 jam sebelum tidur. Sebaiknya, hindari makanan mengandung banyak karbohidrat (gula) pada malam hari karena cepat meningkatkan gula darah sehingga cepat lapar kembali. Lebih dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein karena dapat menstabilkan kadar gula darah.

Keenam, jadwalkan latihan olahraga atau kegiatan fisik secara teratur. Selain meningkatkan kebugaran dan menghindari kegemukan, olahraga juga dapat membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Ini berkaitan dengan penyerapan optimal zat gizi dan kelancaran metabolisme.

Ketujuh, hindari dan kendalikan stres, karena ia salah satu pencetus terjadinya kebiasaan makan tak teratur. Istirahat dan tidurlah yang cukup.

Kedelapan, jangan sungkan-sungkan mendatangi dokter jika gangguan pencernaan sudah sangat mengganggu.

Sumber : Intisari / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami