Trik Hindari Jeratan Kartu Kredit

Investment / 24 July 2009

Kalangan Sendiri

Trik Hindari Jeratan Kartu Kredit

Lestari99 Official Writer
3380

Sepertinya tidak ada orang yang tidak akan tergoda dengan kartu kredit di zaman konsumtif seperti saat ini, sebuah kartu kecil dengan desain cantik yang menawan. Tidak ada yang meragukan kemudahannya untuk dapat berbelanja praktis tanpa harus repot membawa cash money. Tapi ketika tiba saatnya pembayaran dan terbentur pada bunganya yang tinggi, barulah kartu kredit nan cantik itu terasa seperti jeratan setan yang melingkar di leher dan tak dapat dilepaskan dengan mudah.

Jika hal seperti ini terjadi, banyak yang akhirnya berpikir dengan serius bagaimana cara yang efektif agar terhindar dari jeratan mematikan tersebut. Pada kenyataannya Anda tetap membutuhkan pengaman yang harus lahir dari kesadaran Anda secara pribadi untuk bebas dari jeratan kartu kredit. Berikut beberapa tips yang dapat menolong Anda terhindar dari jeratan kartu kredit:

1. Jangan pernah menerima tawaran bank untuk menaikkan plafon kartu kredit Anda, justru pertimbangkanlah untuk mengurangi plafon kartu kredit Anda, karena masalah Anda sebenarnya adalah sebesar plafon kartu kredit Anda.

2. Daripada membawa kartu kredit di dalam dompet Anda, sebaiknya gantilah dengan membawa kartu debet. Dengan demikian Anda akan terhindar untuk memakai uang yang tidak Anda miliki.

3. Usahakanlah untuk selalu membayar secara tunai. Karena memang secara psikologis lebih sulit bagi Anda untuk membayar secara tunai daripada menggesek kartu kredit, tapi tekankanlah selalu di dalam hati Anda bahwa inilah cara teraman yang dapat Anda tempuh untuk menyelamatkan keuangan Anda di masa yang akan datang.

4. Jika Anda memiliki banyak kartu kredit, tutuplah semua kartu kredit Anda. Jika Anda bersikeras untuk tetap memiliki kartu kredit dengan dasar pemikiran tertentu, pertahankan hanya satu sampai dua kartu kredit yang berbunga paling rendah dan memiliki plafon paling rendah.

5. Biasakanlah untuk selalu membuat simpanan yang kecil untuk rencana keuangan Anda yang besar di masa mendatang. Dengan demikian di setiap tahap produktivitas kehidupan Anda, Anda sudah memiliki perencanaan keuangan yang matang.

6. Menghindari kartu kredit bagi yang pernah merasakan kemudahannya memang bukan hal yang mudah. Oleh karena itu jangan sungkan untuk menceritakan rencana penggunaan kartu kredit Anda secara efisien kepada orang-orang terdekat sehingga mereka dapat membantu Anda dan menjadi pemicu semangat Anda dalam rangka menyelamatkan keuangan Anda.

Bagaimana pun juga setiap masalah dapat diselesaikan, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Kartu kredit juga sebenarnya bukanlah barang yang harus diharamkan ketika Anda secara sadar menggunakannya dengan bijak.

Sumber : Jawaban.Com / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami