IndonesiaUnite Kalahkan Paula Abdul Di Twitter

Nasional / 23 July 2009

Kalangan Sendiri

IndonesiaUnite Kalahkan Paula Abdul Di Twitter

Tammy Official Writer
3501
Pasca pemboman dua hotel Internasional di Jakarta baru-baru ini, muncul inisiatif kegerakan dari masyarakat Indonesia demi melawan terorisme. Kegerakan yang berawal dari dunia online ini mengemukakan slogan Kami Tidak Takut (We Are Not Afraid, red) yang artinya bangsa Indonesia tidak takut dengan kebiadaban terorisme yang diam-diam mengambil momentum untuk membunuh warga yang tidak bersalah.
 
Kegerakan yang bernama IndonesiaUnite alias Indonesia Bersatu ini berawal dari website microblogging Twitter yang sedang naik daun. Jika ditanya siapakah inisiator dari IndonesiaUnite? Jawabnya adalah, bukan seorangpun. Tetapi merupakan respon komunitas masyarakat Indonesia di Twitter. Berawal dari peristiwa bom yang terjadi di hotel J.W.Marriott dan Ritz Carlton, 17 Juli 2009, yang kemudian menjadi pembicaraan diantara pengguna Twitter dengan menyertakan hashtag topik #indonesiaunite.
 
Tanpa ada komando dari siapapun, tanpa ada koordinasi, semua sepakat untuk mengusung #indonesiaunite menjadi sebuah gerakan. Sebuah inisiatif bottom up, tidak ada yg koordinir, semua berjalan sendiri, karena secara nurani punya pandangan serupa akan teror. Tidak hanya di Twitter, inisiatif IndonesiaUnite pun dibuat di Facebook. Anda bisa mengakses IndonesiaUnite Fans Page pada http://www.facebook.com/indonesiaunite.

Pergerakan di Twitter ini gaungnya bahkan hingga telah menggeser Twitter milik Paula Abdul. Pada acara MSNBC Countdown dengan host Keith Olbermann pada 20 Juli 2009, IndonesiaUnite berada di posisi puncak Twitter Top Trend yang selanjutnya diikuti oleh pemberitaan Paula Abdul mengenai kontraknya dengan American Idol yang belum ada kabar kelanjutannya.

IndonesiaUniteApakah manfaat dari ‘keramaian' di dunia maya ini? Pastinya, ada! Kita bisa membuktikan kepada masyarakat global bahwa bangsa Indonesia bukanlah pendukung terorisme yang takut akan teror-teror yang masuk ke wilayah negara kita. Kita bisa membuktikan bahwa masyarakat Indonesia terbuka akan kunjungan warga asing dan kita memprioritaskan keamanan negara kita bersama. Tidak hanya menjadi perbincangan online, IndonesiaUnite juga menghasilkan karya musik yang dibawakan oleh Panji Pragiwaksono yang berjudul 'Kami Tidak Takut' dengan lirik lagu yang menyentil. Bahkan pada pukul 7 nanti malam, Metro TV akan menyiarkan TV show yang khusus diadakan untuk kegerakan IndonesiaUnite ini yang tidak hanya melibatkan para musisi seperti Panji, Slank, Efek Rumah Kaca, dan Oppie tetapi juga perbincangan bagaimana agar IndonesiaUnite bisa dibawa dan direalisasikan ke dunia offline.

Sumber : berbagai sumber/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami