2015: Sistem Kertas Tidak Berlaku

Internasional / 23 July 2009

Kalangan Sendiri

2015: Sistem Kertas Tidak Berlaku

agnes.faith Official Writer
4149

zaman sekarang bisa dibilang adalah masa teknologi sedang berjaya. Bukan hanya mereka yang bekerja yang akrab dengan dunia teknologi dan internet, namun mulai dari anak SD saja sudah mulai diajarkan bagaimana menggunakan komputer. Bahkan komputer adalah salah satu sarana mereka untuk belajar. Untuk pelajar SMP sampai dengan kuliah, komputer bukan lagi barang yang asing buat mereka.

Guru atau dosen seringkali menggunakan internet sebagai ajang pengumpulan tugas. Dengan alasan lebih mudah dan cepat, email pun menjadi bagian dari kegiatan belajar mengajar.

Sama dengan universitas di Bandung, Maranatha yang sudah menerapkan sistem ini sejak 2 tahun lalu. "Memang tidak mudah memunculkan sistem tanpa kertas di lingkungan kampus. Sejak 2 tahun kita upayakan untuk paperless dalam kegiatan belajar mengajar," ujar Dekan FIT Maranatha Radiant Victor Imbar.

Ternyata sistem ini tidak mudah untuk dibudayakan, karena mahasiswa sudah terbiasa dengan pulpun dan kertas yang dianggap lebih kuat melekat dan sulit untuk ditinggalkan. Namun dengan adanya pendekatan secara bertahap, maka diharapkan semua mahasiswa akan terbiasa dengan budaya baru ini.

Sumber : christianpost/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami