Anak Tertukar, Sadar 16 Tahun kemudian

Nasional / 22 July 2009

Kalangan Sendiri

Anak Tertukar, Sadar 16 Tahun kemudian

Lestari99 Official Writer
4713

Apa jadinya jika seorang ibu melahirkan di sebuah rumah sakit dan baru menyadari bahwa anaknya telah tertukar 16 tahun kemudian? Inilah yang dialami oleh seorang wanita di Korea. Setelah melahirkan di tahun 1992 di sebuah rumah sakit di Guri, Provinsi Gyeonggi, sang ibu tidak menyadari bahwa ia membawa pulang bayi yang salah sampai tahun kemarin ia mendapati bahwa golongan darah anaknya berbeda dengan dirinya maupun dengan suaminya.

Sang ibu pun memperkarakan hal ini ke penghadilan. Dari hasil serangkaian penyelidikan ditemukan bahwa anak perempuan yang selama ini dirawatnya  bukanlah anak yang dilahirkannya, dan kemudian diketahui kalau seorang perawat di rumah sakit tanpa sengaja menukar anaknya.

Pengadilan memerintahkan rumah sakit membayar denda akibat beban mental yang diterima, dan sang ibu memenangkan gugatan sebesar $56,000. Isi keputusan pengadilan tersebut menyatakan bahwa rumah sakit harus bertanggung jawab untuk menjalankan tindakan yang layak bagi bayi yang baru lahir dan mengembalikan bayi yang tertukar kepada orang tuanya yang sah.

Tak terbayangkan bagaimana perasaan sang anak ketika menyadari orang yang selama ini dianggap sebagai orangtuanya ternyata bukan orangtua kandungnya. Apalagi orangtua tersebut jelas-jelas menolak kehadirannya. Tapi di sisi lain, sang orangtua pun pasti shock dengan kenyataan yang ada. Karena tiba-tiba saja mereka menyadari bahwa mereka membesarkan anak orang lain, sedangkan anak kandung mereka sendiri tidak mereka ketahui keberadaannya. Lalu bagaimana dengan anak kandung mereka yang selama ini telah dibesarkan oleh keluarga lain? Pasti bukan hal yang mudah juga bagi dirinya untuk menerima semua kenyataan ini. Kita lihat saja bagaimana kelanjutan kisah ini karena memang akan timbul banyak konflik emosi dalam kisah ini selanjutnya.

Sumber : bbc / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami