Insomia dan stress

Psikologi / 22 July 2009

Kalangan Sendiri

Insomia dan stress

agnes.faith Official Writer
3498

Insomnia adalah keadaan dimana Anda mulai mengeluh dengan sulitnya tidur di malam hari, atau Anda sering terbangun di tengah malam. Banyak disebutkan bahwa stress sering dikaitkan dengan insomnia. Stres menyebabkan insomnia. Hal itu terjadi karena sistem saraf Anda sedang dipersiapkan untuk selalu berpikir bahkan saat Anda sedang tidur.

Karena adanya hubungan ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan stress akan mendahului peningkatan insomnia. Bila Anda stress sistem yang dapat membuat Anda seharusnya tertidur akan menjauh dari Anda. penyebab insomnia terkait erat dengan lelah, konsentrasi terganggu, memori terganggu, sakit kepala, mudah marah dan mengantuk di siang hari.

Satu fakta lagi menyebutkan bahwa insomnia lebih sering diderita oleh wanita dan pada mereka yang berusia lanjut. Insomnia sering dikategorikan sebagai penyakit padahal insomnia adalah hanyalah salah satu gejala dari beberapa penyakit yang diderita atau karena adanya suatu masalah yang menimpa.

Faktor penyebab insomnia antara lain stress atau kecemasan, depresi, kelainan/penyakit kronis, efek samping obat, kafein, nikotin dan alkohol, kurang berolah raga, perubahan lingkungan.

 

Bila Anda mulai terserang insomnia, cobalah untuk menerapkan beberapa hal untuk mencegah hal ini berkelanjutan. Musik salah satu hal yang dapat Anda pakai untuk mengatasi hal ini. dengan mencari tahu jenis musik apa yang Anda suka, Anda dapat mendengarkan musik tersebut dan nikmati. Dengan ketenangan yang disalurkan lewat musik tersebut semoga dapat meredakan bahkan menghilangkan insomnia Anda.

Sumber : Themedguru/berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami