Ketergantungan Emosional: Jalin Persahabatan Tetap Sehat

Ketergantungan Emosional: Jalin Persahabatan Tetap Sehat

Tammy Official Writer
5479
Emotional DependencyHubungan persahabatan pada awalnya memang tampak wajar, tetapi terkadang ada yang berakhir menyakitkan dan membingungkan. Dalam buku ini, Lori Thorkelson Rentzel, yang adalah seorang penulis dan editor lepas mengungkapkan bagaimana persahabatan berbalik menjadi sesuatu yang merusak bila ketergantungan emosional menyusup ke dalam hubungan tersebut.

Ketergantungan emosional terjadi bila kehadiran dan kepedulian seseorang secara terus-menerus dianggap perlu untuk melindungi diri. Kepedulian seseorang dapat hadir dalam berbagai bentuk seperti perhatian, kesediaan untuk mendengar, kekaguman, nasihat, dan waktu yang dihabiskan bersama-sama.

Dalam buku yang berisi 60 halaman ini, Lori menceritakan beberapa kisah persahabatan yang berakhir menjadi menyakitkan dan membingungkan akibat saling ketergantungan dalam hubungan tersebut dan terkadang ada yang mempertahankan hubungan tersebut dengan manipulasi dan menjadikan hubungan itu tidak sehat sama sekali.

Ketergantungan emosi dapat saja terjadi bila dalam hubungan tersebut, salah satunya:
• Sering merasakan kecemburuan, posesif dan ingin diistimewakan, menganggap orang lain sebagai ancaman bagi hubungan mereka.
• Lebih memilih untuk menghabiskan waktu hanya bersama dengan sahabatnya itu dan merasa frustrasi bila tidak bersamanya.
• Menjadi marah atau depresi bila sahabat mengacuhkannya.
• Tidak tertarik untuk membina hubungan dengan orang lain.
• Mengalami perasaan romantis atau perasaaan seksual yang membuatnya berfantasi tentang sahabatnya itu.
• Memberikan perhatian lebih sehubungan dengan penampilan, kepribadian, masalah dan minat sahabatnya.
• Tidak mau membuat rencana apapun bila sahabatnya tidak diikutsertakan.
• Tidak dapat memahami kekurangan sahabatnya.
• Menunjukkan kasih sayang secara fisik yang lebih dari layaknya suatu persahabatan.
• Selalu ingin bercakap-cakap dengan sahabatnya dan merasa bebas untuk mengatas-namakan sahabatnya itu.
• Menunjukkan keintiman dan kekeluargaan dengan sahabatnya yang membuat orang lain merasa risih dengan kehadiran mereka.

Buku ini tepat bagi Anda para konselor dan juga yang sedang melakukan konseling bahkan bagi Anda yang sedang mengalami jalinan persahabatan yang sedang bermasalah. Buku tipis ini dipenuhi dengan pandangan-pandangan dan kebenaran mengenai bagaimana ketergantungan emosional terlihat dan terasakan. Sangat baik bagi siapapun yang ingin mengerti dinamika hubungan dan memupuk hubungan-hubungan yang sehat.

Lori Thorkelson Rentzel adalah seorang penulis dan editor lepas di San Rafael, California. Selamat tujuh tahun, ia bekerja dengan Love in Action International, sebuah lembaga penjangkauan untuk orang-orang Kristiani dalam mengatasi pergumulan-pergumulan homoseksual dan masalah identitas seksual lainnya. Ia telah membawakan lokakarya-lokakarya dan seminar-seminar tentang ketergantungan emosional dan aspek-aspek dari relasi Kristiani.

Anda bisa menemukan buku terbitan Visi Press di setiap toko buku rohani dan terutama toko buku rohani Visi.

Ketergantungan Emosional - Emotional DependencyKETERGANTUNGAN EMOSIONAL: Menjalin Persahabatan Agar Tetap Sehat
Penulis: Lori Rentzel
Penerbit: Visi Press
Harga: Harga Retail : Rp 12.500,- Harga Online Store : Rp 10.000,-

Sumber : Visi Press
Halaman :
1

Ikuti Kami