Esok Pagi! Anda Bisa Saksikan Gerhana Matahari

Nasional / 21 July 2009

Kalangan Sendiri

Esok Pagi! Anda Bisa Saksikan Gerhana Matahari

Tammy Official Writer
3788
Warga Kota Banda Aceh dan Sabang, Provinsi Aceh akan menyaksikan gerhana matahari total yang diperkirakan terjadi pada Rabu (22/7) pukul 07.15 WIB.

"Gerhana matahari bisa disaksikan di Banda Aceh dan Sabang mulai pukul 07.15 WIB dan puncaknya pada 07.59 WIB yang berakhir pada 08.49 WIB," kata Staf sub bidang gravitasi dan tanda waktu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat, Rukman yang dihubungi dari Banda Aceh oleh Antara, Selasa.

Gerhana matahari yang diperkirakan terjadi sejak awal hingga puncak dan berakhirnya fenomena alam selama satu jam 34 menit itu persentase ketertutupan piringan matahari yang ditutup piringan bulan hanya mencapai 29,7 persen. Gerhana matahari yang disaksikan warga di Banda Aceh dan Sabang bukan merupakan gerhana matahari total tetapi hanya gerhana matahari sebagian. "Untuk melihat gerhana matahari yang paling baik arah pandang ke sebelah timur tapi sebaiknya tidak melihat langsung tanpa alat karena dapat merusak mata," katanya.

Lebih lanjut Rukman menjelaskan, peristiwa alam itu juga dapat dilihat di Sumatera Barat, Jambi, Indonesia bagian Utara yaitu kalimantan bagian utara, Maluku bagian utara, Papua dan Jayapura yang terjadi pada pukul 11.12 WITA. Gerhana matahari total itu secara maksimal akan terlihat di Kota Shanghai, China selama enam menit. Peredaran gerhana matahari dari barat hingga timur wilayah China kemudian akan menghilang di Samudra Pasifik selama lima jam.

Wow, fenomena alam merupakan pemandangan yang unik untuk mengenal pekerjaan tangan Sang Pencipta. Jika Anda berada di wilayah tepat sewaktu terjadi gerhana matahari esok pagi, cobalah untuk melihat fenomena alam tersebut pada esok pagi...

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami