Sudah Siapkah Pemerintah Dengan Sekolah Gratis?

Nasional / 21 July 2009

Kalangan Sendiri

Sudah Siapkah Pemerintah Dengan Sekolah Gratis?

Tammy Official Writer
2779
Kebijakan sekolah gratis untuk SD-SMP yang ditetapkan pemerintah mulai tahun ajaran 2009/2010 memang melegakan masyarakat, tetapi pada praktiknya ternyata menimbulkan kebingungan di kalangan orangtua.
 
Kebingungan tersebut muncul terkait dengan kekhawatiran akan mutu pendidikan di sekolah akibat minimnya kucuran dana dari pemerintah. Sejumlah siswa dan orangtua pada jenjang SD-SMP di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Senin (20/7), mengatakan, hingga pekan pertama sekolah mereka belum dikenai sejumlah biaya pendidikan yang biasanya sudah diinformasikan guru. Informasi seputar uang gedung atau uang pangkal untuk siswa baru juga belum terdengar.
 
"Sampai sekarang belum ada biaya yang aneh-aneh. Anak saya yang baru masuk SD juga tidak ada pungutan sejak pendaftaran. Mudah-mudahan itu karena kebijakan sekolah gratis. Namun, mutu belajar di sekolah setidaknya harus lebih baik atau setidaknya dipertahankan," kata Isel (45), warga Jakarta yang dua anaknya sekolah di salah satu SD negeri di Ciracas, Jakarta Timur.
 
Tidak gencarnya sekolah menarik pungutan juga dirasakan orangtua siswa di Yogyakarta. Meski demikian, sejumlah wali murid berharap pendidikan gratis yang berlaku jangan menurunkan kualitas pendidikan di Kota Yogyakarta. "Yang kami harapkan adalah pendidikan murah dan terjangkau, bukan gratis tapi tidak bermutu," ujar salah seorang wali murid, Agus Nugroho (40).
 
Akhirnya tiba juga, cita-cita masyarakat Indonesia untuk memiliki pendidikan gratis bagi rakyatnya. Tapi tetap saja masih ada rasa sangsi yang bereaksi di tengah masyarakat kita yang merasa bahwa pendidikan gratis diberikan sebagai tanda menyenangkan telinga masyarakat kita saja. Mudah-mudahan bukan itu kenyataannya, mari kita beri waktu lagi bagi pemerintah untuk ‘memoles' infrastruktur pendidikan gratis bangsa kita.
Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami