Budget Minim Juga Bisa Sehat Kok...

Gizi & Nutrisi / 20 July 2009

Kalangan Sendiri

Budget Minim Juga Bisa Sehat Kok...

Lestari99 Official Writer
5852

Makanan sehat identik dengan mahal? Tidak juga kok. Terkadang banyak orang yang salah paham dengan pilihan menu sehat. Bagi mereka, makanan sehat adalah makanan yang dijual dengan harga yang mahal. Seperti istilah yang dikenal kebanyakan orang, ‘Harga tidak pernah bohong' dan ‘Harga menunjukkan kualitas'. Padahal tidak selalu demikian adanya. Merupakan hal yang sangat mungkin bagi Anda untuk bisa tetap mengkonsumsi makanan sehat tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat yang sesuai dengan budget Anda:

Hindari Junk Food

Tidak ada yang dapat memungkiri bahwa citarasa junk food memang sangat enak sehingga seringkali menggoda Anda untuk mengkonsumsinya. Apalagi bila Anda memiliki anak, makanan jenis inilah yang seringkali mereka cari ketika Anda mengajak anak Anda untuk berbelanja di mall. Padahal selain kurang sehat dan kurang manfaatnya bagi tubuh Anda dan keluarga, tanpa disadari dengan membeli makanan ini juga dapat menguras kantong Anda. Cara terbaik untuk menjauhkan junk food dari pantauan anak-anak adalah dengan pergi berbelanja seorang diri. Dengan demikian Anda bisa memastikan hanya membeli keperluan makanan yang benar-benar dibutuhkan.

Kurangi Soft Drink dan Perbanyak Minum Air Putih dan Susu

Anda tentu saja masih bisa menikmati soft drink saat berkumpul dengan teman-teman Anda, toh hanya sekali-sekali saja bukan? Tapi pastikan Anda mengkonsumsinya dalam gelas ukuran kecil, karena selain bisa menghemat keuangan, mengkonsumsi soft drink dalam jumlah banyak juga tidak baik bagi kesehatan. Minuman soft drink banyak mengandung gula dan bahan kimia lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Baik anak-anak maupun orang dewasa lebih membutuhkan susu atau air putih untuk dikonsumsi setiap harinya. Dalam segelas susu banyak mengandung vitamin dan kalsium agar tubuh lebih kuat, kesehatan tulang dan gigi pun terjaga.

Buah-Buahan Menjadi Menu Wajib

Vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh banyak terkandung di dalam buah-buahan. Karena itu, jangan pernah lewatkan untuk memasukkan buah-buahan dalam daftar belanjaan Anda. Saat musim buah-buahan tiba, tidak ada salahnya bila Anda membelinya dalam jumlah yang banyak. Simpanlah dalam lemari pendingin sehingga masih tetap layak dikonsumsi meskipun musimnya telah berakhir. Agar buah-buahan tersebut dapat tahan lama, cucilah buah-buahan tersebut hingga bersih dan pisahkan dari buah-buahan yang busuk. Sebelum disimpan dalam lemari pendingin, keringkan terlebih dahulu dan masukkan ke dalam kantong plastik zipper.

Daging dan Buncis

Daging dan buncis merupakan jenis makanan dengan kandungan protein terbesar. Karena itu, pastikanlah kedua jenis makanan ini selalu tersedia di lemari pendingin Anda. Sebaiknya pilihlah daging yang tanpa lemak. Memang harganya sedikit lebih mahal, tapi Anda dapat membelinya saat sedang ada discount. Simpanlah di lemari pendingin sehingga Anda dapat menggunakannya sewaktu-waktu. Jika Anda vegetarian, buncis bisa dijadikan sebagai pilihan menu tetap Anda. Karena buncis memiliki kandungan protein yang sama, apalagi harganya relatif terjangkau.

Jangan Pernah Lupakan Ikan

Ikan terkenal dengan kandungan omega 3-nya yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, ikan juga mengandung protein, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak mengherankan jika dua institusi kesehatan di Amerika, yaitu  American Heart Association dan American Diabetes Association menganjurkan untuk memasukkan ikan dalam menu makanan Anda, minimal dua kali dalam seminggu. Bagi Anda yang tinggal dekat dengan pesisir pantai, hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda karena Anda bisa mendapatkan ikan yang masih segar dengan harga yang jauh lebih murah.

Konsumsi Jenis Makanan yang Tinggi Kandungan Airnya

Mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan yang banyak mengandung air adalah sebuah pilihan yang bijak. Sebut saja seperti tomat, melon dan salad. Karena kandungan air yang terdapat pada buah dan sayuran selain penting untuk melembabkan kulit dan menyegarkan tubuh, juga berfungsi untuk membersihkan kotoran dari dalam saluran usus besar. Kebersihan usus besar merupakan faktor penting untuk menunjang kesehatan tubuh termasuk menjaga berat badan ideal.

Jadi, sehat dengan budget minim bukan hal yang sulit bukan? Mulailah mengkonsumsi makanan sehat dibarengi dengan pola hidup yang sehat sehingga budget Anda pun akan tetap aman dari jangkauan dokter.

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami