Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Tammy

Official Writer
2059


Ketika Anda sudah tiba di penghujung hari dan merefleksikan hari Anda, apakah Anda merasa terpenuhi atau frustrasi? Apakah Anda mendapatkan bahwa Anda mampu memenuhi apa yang Anda harapkan, seperti menikmati hubungan-hubungan dengan yang lain dan bekerja pada proyek-proyek yang berarti? Atau apakah Anda malah bertanya-tanya kemana semua waktu Anda pergi, semenjak Anda tampaknya menyelesaikan semuanya dengan tidak begitu signifikan?

Jika Anda bisa mengorganisasi hari Anda untuk menolong Anda menyelesaikan aktifitas-aktifitas yang perlu tapi tak menginspirasi dengan cepat dan mudah, Anda akan memiliki kebebasan untuk menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal yang paling penting.

Berikut bagaimana Anda bisa mengatur waktu Anda dengan baik:

Kontrol waktu Anda hingga waktu Anda tidak mengontrol Anda. Catat berapa lama aktifitas rutin dalam hidup umumnya menyita Anda dengan mencatat waktu Anda dan menulis informasi tersebut untuk menolong Anda merencanakan waktu Anda selanjutnya untuk Anda melakukannya lagi. Cari tahu apa masalah-masalah manajemen waktu spesifik yang Anda hadapi; lalu berpusatlah untuk mencari solusi-solusi pada permasalahan tersebut.

Rencanakan setiap harinya setidaknya untuk 24 jam. Kelompokkan aktifitas-aktifitas Anda untuk menghemat waktu. Selesaikan tugas-tugas sulit lebih dulu hingga mereka tidak akan membuat Anda pusing kepala Anda menjelang penghujung hari. Cari tahu di jam-jam apa dari hari Anda ketika Anda paling produktif dan rencanakan untuk menggunakan area waktu tersebut dengan penuh. Cobalah untuk tidak bersikap menuruti kata hati ketika memutuskan bagaimana untuk menghabiskan waktu Anda; pikirkan dan rencanakan terlebih dahulu. Setiap hari, cobalah untuk melakukan sesuatu yang akan menghemat waktu Anda ke depannya.

Berubah untuk lebih baik. Berhentilah untuk berpikir mengenai arahan yang sedang terjadi dalam hidup Anda, evaluasi bagaimana penuhnya diri Anda sebenarnya. Lalu bermimpilah mengenai hidup seperti apa yang akan Anda sukai. Rencanakan bagaimana pergerakan kecil, berkelanjutan untuk memulai menggunakan waktu Anda lebih efektif. Fokuslah pada merubah kebiasaan-kebiasaan negatif menjadi positif yang akan membuat peningkatan yang bertahan lama dalam hidup Anda.

Atur gol-gol yang mengklarifikasikan secara khusus apa yang Anda ingin selesaikan. Untuk setiap gol-nya: tuliskanlah, atur waktu dengan bagaimana Anda ingin melihat mimpi Anda diraih, dan ingatkan diri Anda akan gol Anda secara teratur.

Kurangi kekacauan aktifitas. Jangan kacaukan jadwal Anda dengan banyaknya aktifitas. Pikirkan dan doakan mengenai prioritas-prioritas apa yang seharusnya Anda miliki. Lalu berfokuslah pada apa yang paling penting bagi Anda untuk membuat keputusan-keputusan mengenai bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Berkemauanlah untuk membiarkan aktifitas-aktifitas yang tidak terlalu terhubung dengan prioritas-prioritas Anda. Ingatlah bahwa manajemen waktu bukanlah seni dari menyelesaikan semua kegiatan; itu adalah seni untuk menyelesaikan semua yang paling penting.

Time ManagementBuatlah catatan waktu (time log, red). Telusuri bagaimana Anda menggunakan menit-menit dan jam-jam setiap harinya untuk beberapa hari. Lalu pelajarilah informasi untuk melihat bagaimana Anda menghabiskan waktu.

Multitask dengan cara yang tepat. Multitasking sebenarnya tidaklah produktif ketika Anda mencoba untuk melakukan dua atau lebih dari tugas sulit di saat yang sama, dikarenakan Anda kehilangan waktu menggantikan fokus Anda antara tugas-tugas dan berakhir menurunkan kualitas dari pekerjaan Anda dalam setiap tugasnya. Tetapi multitasking dapat menolong Anda menyelamatkan waktu Anda jika Anda mengkombinasikan sebuah tugas sederhana yang tidak begitu membutuhkan konsentrasi lebih dengan satu tugas yang kompleks, seperti mendengarkan sebuah buku audio selagi membersihkan rumah Anda atau mengobrol ketika berjalan.

Berkomitmenlah untuk memfokuskan energi mental Anda hanya pada satu tugas sulit dalam satu waktu dan menikmati momen di saat Anda melakukan tugas-tugas sederhana.

Jangan biarkan perfeksionisme menunda Anda. Berkomitmenlah untuk menyelesaikan setiap tugas dalam waktu tertentu atau keluar dari waktu tersebut daripada meresahkan bahwa pekerjaan Anda tidaklah bagus dan mencoba untuk melakukan ulang atau meningkatkannya. Jangan biarkan diri Anda melakukan lebih daripada sewaktu Anda memutuskan untuk lakukan ketika Anda pertama mengambil tugas tersebut. Bekerjalah ke arah deadline daripada ke arah perfeksionis. Ingatlah bahwa hanya Tuhan yang sempurna.

Taklukkan penundaan. Tuliskan waktu spesifik untuk menunaikan setiap proyeknya, hingga Anda bisa lebih memperkirakan untuk melakukan pekerjaan tepat waktu. Mulailah dengan melakukan sebuah bagian dari pekerjaan yang bisa Anda nikmati, maka Anda akan lebih menyukai untuk memulai daripada jika Anda memulainya dengan bagian kerjaan yang tidak menyenangkan.

Tangani proyek-proyek Anda dengan baik. Gunakanlah sistem kerja apapun yang memang sangat cocok dengan Anda untuk mengatur proyek-proyek Anda: timeline, outline, diagram mind-map, flowchart, dll. Tuliskan setiap gol untuk proyek Anda. Pilah setiap tugas yang paling membebani menjadi langkah-langkah kecil yang lebih bisa ditanganoi dan lakukanlah di sepanjang pekerjaan secara berangsur-angsur. Jadwalkan waktu untuk setiap fase dari sebuah proyek: mendefinisikan, perencanaan, eksekusi, dan penyelesaian. Jika sebuah proyek sudah keluar jalur, atur kembali rencana-rencana anda sebelum melanjutkan. Rayakanlah setiap kali Anda menyelesaikan sebuah proyek.

Time Management - To Do ListGunakan to-do list. Buatlah baik dari sebuah master to-do list dan yang satu lagi boleh list yang harian atau mingguan, kelompokkan setiap tugasnya oleh tipe aktifitas. Jadwalkan kira-kira 15 menit setiap harinya untuk mengurus beberapa tugas yang Anda daftarkan, untuk memastikan dan melanjutkan jika Anda memiliki waktu lebih.

Delegasikan tugas-tugas kepada yang lain. Jika memungkinkan, mintalah pertolongan orang lain untuk menekankan tugas agar selesai. Jelaskan objektifitas Anda dengan jelas untuk setiap tugasnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan, dan latihlah orang bagaimana memproseskan jika diperlukan.

Tanganilah interupsi-interupsi dengan baik. Jangan biarkan interupsi-interupsi (seperti tamu tak diperkirakan dan panggilan telepon sewaktu sedang sibuk) mengambil waktu berharga Anda untuk berfokus pada proyek-proyek yang Anda rencanakan untuk diselesaikan. Cobalah untuk mencari tempat terpisah untuk bekerja, dan biarkan orang-orang tahu bahwa Anda sedang tidak available.

Hukumlah pembuang waktu. Taruhlah perhatian pada aktifitas-aktifitas apa yang mencuri waktu dari hari-hari Anda, baik di pekerjaan (seperti membaca materi-materi tak penting, menghadiri meeting-meeting yang tak produktif, atau mencari kertas-kertas atau barang-barang yang salah tempat) dan di rumah (seperti menonton terlalu banyak televisi, surfing internet terlalu lama, atau melakukan pembicaraan telepon yang tak penting). Rencanakan dengan aktif untuk menghindari aktifitas-aktifitas yang telah menghabiskan waktu Anda di masa lalu. Lengkapi jadwal waktu Anda untuk setiap harinya untuk menghadapi pembuang waktu yang tidak bisa Anda hindari, seperti duduk di tengah kemacetan.

Hadapi keterlambatan kronis. Berkomitmenlah untuk tepat waktu dengan janji-janji Anda. Pulanglah cepat maka Anda bisa tiba cepat, dan rencanakan untuk menggunakan waktu ekstra yang akan Anda habiskan untuk membaca sesuatu yang Anda nikmati.

Sumber : crosswalk.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hendriawan Purnama 21 January 2020 - 22:30:41

Sodom

0 Answer

shierly halim 21 January 2020 - 10:16:15

contact us

0 Answer

Enda Napitupulu 19 January 2020 - 12:18:53

Bolehkan kita bekerja di lembaga syariah?

1 Answer


[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

Banner mitra januari 4


7264

Banner solusi talks