Jangan Remehkan Kekuatan Satu Orang

Kata Alkitab / 17 July 2009

Kalangan Sendiri

Jangan Remehkan Kekuatan Satu Orang

Lestari99 Official Writer
6597

Hakim-Hakim 3:31 "Sesudah dia, bangkitlah Samgar bin Anat; ia menewaskan orang Filistin dengan tongkat penghalau lembu, enam ratus orang banyaknya. Demikianlah ia juga menyelamatkan orang Israel."

Hakim-Hakim 5:6 "Dalam zaman Samgar bin Anat, dalam zaman Yael, kafilah tidak ada lagi dan orang-orang yang dalam perjalanan terpaksa menempuh jalan yang berbelit-belit."

Berapa banyak Alkitab menyinggung tentang Samgar? Dua ayat! Hanya 48 kata-kata dalam Alkitab! Samgar hanya petani sederhana. Akan tetapi, petani sederhana ini, seorang diri membunuh 600 orang Filistin dan menyelamatkan seluruh bangsa!

Bagaimana Samgar melakukannya? Apa rahasianya? Samgar melakukan 3 hal sederhana:

  1. Dia memulai dari tempat di mana dia berada.
  2. Dia menggunakan apa yang dia miliki.
  3. Dia melakukan apa yang dia bisa lakukan.

Jadi Samgar mulai dari mana dia berada -dari sebuah ladang biasa di Israel. Jangan menunggu kondisi jadi sempurna, mulai tepat dari tempat Anda berada! Mulai kerjakan persiapan, mulai kerjakan perencanaan, mulai MELANGKAH KELUAR dan lakukan sesuatu dalam kehidupan Anda - tepat dari tempat di mana Anda berada sekarang! 

Terlalu banyak orang yang berkata:

"Suatu saat kelak, kalau aku sudah punya waktu, aku akan membuat impianku jadi kenyataan!"

"Suatu hari nanti, kalau aku sudah punya cukup uang, aku akan mulai mengubah dunia!" 

"Suatu hari nanti, waktu aku sudah pindah dari kota kecil ini dan pindah ke kota besar, maka barulah aku akan melakukan sesuatu yang besar!"

Kalau sikap Samgar seperti itu, maka dia tidak akan pernah menyelamatkan bangsanya! Samgar tidak mengatakan, aku akan membela Israel kalau aku menemukan orang yang mau mendampingiku atau nanti kalau aku sudah bisa membeli sapi bajak yang lebih besar!

Tidak ada gunanya kalau kita berkata, "Suatu hari kelak, aku akan membuat perbedaan dan memberikan dampak pada dunia! Suatu hari kelak, aku akan memiliki takdir ilahi! Pemimpin sejati selalu mulai dari tempat di mana mereka berada sekarang!

Apa yang ingin Anda capai dalam hidup ini? Apa impian Anda? Apa mimpi besar Anda dalam hidup ini? Kalau Anda memiliki impian (rhema) dari Tuhan, maka Anda pasti akan bisa mencapainya - walaupun itu melewati pertarungan 600 banding 1! Kalau petani biasa seperti Samgar bisa melakukannya, mengapa Anda tidak?

Kita tidak akan pernah tahu dampak jangka panjang kata-kata dan tindakan kita pada orang lain. Yang kita harus tahu adalah kita harus mulai dari tempat di mana kita ada, menggunakan apa yang kita punya dan melakukan apa yang kita bisa kemudian serahkan hal lainnya pada Tuhan!  Hanya kekekalan yang akan menyatakan apakah langkah kecil yang kita lakukan akan mengambil peran dalam pengubahan dunia kita!

Theodore Roosevelt
Do what you can with what you have, where you are
Halaman :
1

Ikuti Kami