Remaja Mandiri Memudahkan Tugas Orangtua

Parenting / 15 July 2009

Kalangan Sendiri

Remaja Mandiri Memudahkan Tugas Orangtua

agnes.faith Official Writer
3658

Pertanyaan yang akan ditanyakan pada seorang remaja yang berusia 18-23 tahun untuk hal ini adalah "Bagaimana orangtua mengajarkan kemandirian pada anak-anak?"

Ada beberapa komponen dari pelatihan ini, yaitu: tanggungjawab, akuntabilitas, tugas dan mengerjakan segala sesuatu sendiri. remaja yang baru saja belajar tentang kemandirian dapat berkata:

"Saya berhak melakukan semua hal dengan bebas tetapi bertanggungjawab ( Saya dapat melakukan hal benar walaupun itu sulit untuk dilakukan)."

"Saya menerima resiko dari kesalahan saya (saya menerima konsekuensi)."

"Saya bekerja untuk mendapatkan apa yang saya mau (Tidak semuanya diserahkan pada saya."

"Saya mengembangkan diri untuk menangani kesulitan (Saya menghadapi masalah saya dan saya selesaikan)."

Remaja yang terlambat mandiri sering dikaitkan dengan orangtua yang selalu memberikan perhatian berlebihan dan membuat remaja sulit untuk mandiri. Berikan anak remaja Anda sebuah kebebasan untuk berpendapat, dan tetap pantau mereka.

Jangan biarkan anak Anda selalu mendapatkan apa yang mereka inginkan tanpa berusaha terlebih dahulu. Atau Anda selalu memastikan bahwa anak Anda akan selalu mengalami kemudahan bila ada masalah. Dengan hal ini anak Anda tidak akan belajar.

Orangtua dapat membuat remaja menjadi bertanggungjawab dengan meyakinkan mereka bahwa mereka harus menangani urusan di rumah, sekolah, dan di pergaulan mereka. Bebaskan mereka untuk bertanggungjawab pada waktu yang telah diberikan.

Orangtua dapat mengajarkan akuntabilitas dengan meyakinkan remaja Anda untuk mengambil suatu keputusan dan tetap menjalankan hal itu dengan semua konsekuensi yang ada.

Orangtua dapat mengajarkan remaja mengerjakan tugas mereka dengan membiarkan remaja Anda untuk menginvestasikan waktu mereka pada hal yang mereka sukai.

Orangtua dapat mengajarkan remaja untuk mengerjakan segala sesuatu sendiri dengan mengusahakan untuk tidak membantu remaja Anda dalam apa yang sedang ia kerjakan. Supaya mereka dapat melihat dan menilai kemampuan mereka sendiri. mungkin Anda hanya dapat mengingatkan pada mereka untuk coba membuat beberapa rencana untuk mengatasi permasalahan yang sedang mereka hadapi.

Dengan menjadi orangtua yang suportif untuk kemajuan remaja Anda, Anda sudah membantu remaja Anda menjadi mandiri. Bila Anda sudah mengerjakan tugas Anda sebagai orangtua, maka Anda akan melihat bagaimana hasilnya remaja Anda akan tumbuh menjadi remaja yang mandiri.

Sumber : www.psychologytoday.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami