Komunikasi Di Tempat Kerja

Career / 14 July 2009

Kalangan Sendiri

Komunikasi Di Tempat Kerja

agnes.faith Official Writer
3317

Jika Anda telah memainkan peran seorang pembaca pikiran, maka pertimbangkan sepuluh hokum berikut ini untuk bisa menjadi pendengar ynag lebih baik:

Tentang melewatkan penghakiman

Anda tidak boleh menghakimi atau mengevaluasi sampai Anda benar-benar memahami. "Tunggu dahulu, saya telah mendengar cukup banyak untuk mengetahui posisi Anda, dan Anda semua bersalah"

Tentang menambahkan pandangan

Anda tidak boleh menghubungkan gagasan-gagasan atau mengkontribusikan pandangan ke gagasan-gagasan atau pandangan-pandangan yang dinyatakan. "Jika itu yang Anda maksud, maka hal ini akan menuju kesana, dan Anda pasti juga bermaksud kesana."

Tentang mengasumsikan kesepakatan

Anda tidak boleh mengasumsikan bahwa apa ang Anda dengar adalah apa yang benar-benar dikatakan atau dimaksud. "Tidak peduli apa yang Anda katakana sekarang, saya dengar Anda dengan telinga saya sendiri."

Tentang mengalihkan perhatian

Anda tidak boleh membiarkan pikiran Anda mengembara atau perhatian Anda melayang kemana-mana. "Ketika Anda mengatakan hal itu, itu memicu suatu gagasan menarik yang lebih saya sukai ketimbang gagasan Anda."

Tentang menutup pikiran

Anda tidak boleh menutup pikiran Anda terhadap gagasan-gagasan yang bertentangan, telinga Anda terhadap kebenaran-kebenaran yang bertentangan, mata Anda terhadap pandangan-pandangan lain. "Setelah Anda menggunakan bahasa yang menunjukkan dominasi pria atas wanita, saya tidak mendengar lagi hal lain yang Anda katakana."

Tentang mendengar dengan harapan

Anda tidak boleh membiarkan hati Anda menguasai pikiran Anda, ataupun pikiran Anda menguasai hati Anda. "Saya tahu Anda akan mengatakan hal itu, sudah lama saya memahaminya."

Tentang makna berganda

Anda tidak boleh menafsirkan kata-kata kecuali sebagaimana kata-kata itu ditafsirkan oleh pembicaraannya. "Jika saya berhenti bernafas, apakah saya akan meninggak atau tidak?"

Tentang melatih respon

Anda tidak boleh menggunakan waktu orang lain untuk mempersiapkan respons-respons Anda sendiri. "Saya tidak sabar menunggu Anda mengambil nafas! Setelah itu, saya bisa berbicara kembali."

Tentang takut terhadap tantangan

Anda tidak boleh takut terhadap koreksi, perbaikan, atau perubahan. "Saya sedang berbicara dengan lebih cepat dan menipu Anda dengan kata-kata karena saya tidak ingin mendengar apa yang Anda katakana."

Tentang menghindari persamaan

Anda tidak boleh meminta waktu secara berlebihan atau gagal mengklaim waktu Anda sendiri untuk mendengar dan didengar."

Sumber : communication @ work - H. Norman Wright
Halaman :
1

Ikuti Kami