Ingin Awet Muda Atau Cepat Tua

Psikologi / 13 July 2009

Kalangan Sendiri

Ingin Awet Muda Atau Cepat Tua

Puji Astuti Official Writer
3671

Saat ini berbagai produk kecantikan menawarkan produk anti aging.  Siapa sih yang ingin terlihat tua dengan kulit berkerut? Semua orang ingin tampak muda. Namun tahukah Anda bahwa menurut penelitian penuaan itu tidak bisa ditahan namun bisa dipercepat.

Menggunakan berbagai kosmetik hanya membuat Anda merasa cantik, jadi prosesnya ada pada sugesti Anda. Menghilangkan kerut diwajah sebenarnya cara paling mudah adalah dengan membuat hati Anda gembira dan mengembangkan senyum. Namun kebanyakan orang, terutama wanita lebih percaya pada kosmetik dan berbagai pengobatan.

Sebagai contoh, penggunaan botox, hal ini paling lama bertahan selama 4 bulan. Menurut website dari kantor Administrasi Obat dan Makanan di bagian Kesehatan Wanita seperti yang di rilis di website mereka, botox hanya menahan sementara dan  "saat otot kembali normal, Anda akan melihat kerutan-kerutan kembali."

Sedangkan dari badan pengawasan obat dan makanan AS FDA memberikan peringatan pada bagian bawah botol Botox "Ingat ! Botox itu obat, bukan kosmetik."

Untuk menghadapi kenyataan bahwa setiap orang akan mengalami penuaan memang butuh keberanian. Jika tidak, Anda akan terobsesi menggunakan berbagai cara hanya untuk tampak muda dan kemungkinan besar malah bisa merusak kesehatan Anda.

Annie Tomlin, saat ini berusia 31 tahun dan merupakan editor dari blog Bella Sugar. Dia setiap bulannya telah menguatkan sekitar 350.000 pengunjung blognya yang sebagian besar adalah wanita yang umurnya berkisar dari 20 an hingga 30 an tahun.

Tomlin begitu marah dengan industri kosmetik yang memperalat ketakutan para wanita akan penuaan dan meraup keuntungan dari hal tersebut.

Suatu hari dia pernah membuat janji dengan ahli dermatologis yang membuatnya menangis,  dia mengatakan, bahwa dokter itu menyarankannya untuk menggunakan Botox guna menghilangkan 11 kerutan di bawah alisnya.

"Saya menangis karena saya tertegun dan depresi, bukan karena saya terlihat tua - tidak, dan saya tahu bahwa suatu hari saya akan menjadi tua - tapi saya depresi karena seseorang mengatakan pada saya perlu mempertimbangkan menggunakan botox ketika saya tidak membutuhkannya," demikian kata Tomlin.

Para pengunjung yang membaca pengalaman Tomlin banyak yang setuju dengannya dan memberikan dukungan serta mengatakan bahwa Tomlin  cantik dengan apa adanya saat ini.

Anda tetap bisa tampil cantik bahkan ketika Anda semakin tua dan rambut Anda mulai memutih. Menjadi tua bukanlah sebuah aib, baik bagi Anda pria ataupun wanita. Namun jika Anda dikuasai ketakutan dan kekuatiran, Anda hanya akan mempercepat penuaan.

Jika Anda ingin tampil cantik (bagi wanita) atau ganteng bagi para pria yang mulai menjalani masa-masa umur Anda bertambah, dan tidak mempercepat penuaan Anda, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah seperti berikut :

  1. Jaga pikiran Anda tetap positif, gembira dan aktif. Hal ini akan menjaga Anda dari penyakit orang tua yang sangat mengerikan yaitu pikun. Dengan pikiran yang positif, gembira dan aktif, Anda bisa mempertahankan pikiran yang tajam.
  2. Jangan merokok dan minum minuman keras. Hal ini akan mencuri setiap kemudaan yang ada pada diri Anda, baik di wajah maupun organ tubuh Anda.
  3. Lakukanlah olahraga. Dengan berolahraga stamina Anda terjaga, otot tubuh Anda di gerakkan dan membuatnya tetap lentur.
  4. Tetap terhubung dengan orang lain. Jika Anda sering berinteraksi dengan orang lain, memiliki komunitas dimana Anda bisa berbagi, hal tersebut akan mengurangi stress Anda dan akan memperlambat kerut yang biasanya bertambah cepat muncul di wajah Anda jika depresi.

Jadi, ingatlah bahwa menjadi tua bukanlah sesuatu yang menakutkan tapi sebuah kehormatan, demikian juga dengan semua asesoris yang datang bersamanya. Jika Raja Salomo yang bijak berkata, "Rambut putih adalah mahkota yang indah, yang didapat pada jalan kebenaran." (Amsal 16:31), maka kerutan diwajah juga sama berharganya.

 

Sumber : Berbagai Sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami