Eileen Ford: Ibu Industri Modeling Modern

Entrepreneurship / 12 July 2009

Kalangan Sendiri

Eileen Ford: Ibu Industri Modeling Modern

Tammy Official Writer
2998
"Saya menciptakan sebuah penampilan dan sebuah gaya. Para wanita Amerika adalah hal besar untuk saya. Saya menolong mereka untuk mengerti bagaimana mereka bisa terlihat lebih baik, bagaimana melakukan ini, melakukan itu, mendapatkan pekerjaan." - Eillen Ford

Apa yang Kim Bassinger, Rachel Hunter, Christy Brinkley dan Lauren Hutton sama-sama miliki (selain sama-sama kecantikan sebagai supermodel)? Mereka semua "ditemukan" oleh Eileen Ford. Semenjak mendirikan Ford Modelling Agency selama lebih dari setengah abad lalu, agen super Eileen Ford telah bertanggung-jawab mengenalkan dan menangani karir dari banyak model top dunia. Dikenal sebagai seorang yang agak kasar, kuat, sulit, protektif, keibuan, dan sangat sangat bagus pada apa yang ia lakukan, ide dasar Eileen akan tinggi yang ideal, lebar mata yang tepat, lekuk tulang pipi, dada dan pinggul yang tepat telah menjadi standar bagi para model semenjak pertengahan akhir dari abad 20. Melalui kombinasi dari gambaran akan kecantikan dan cita bisnis yang sulit, Eileen Ford telah merevolusi industri tersebut dan menciptakan rangkan akan agensi modelling modern berjuta dolar.

Putri satu-satunya dari Loretta dan Nathaniel Otte, Eileen memiliki pertumbuhan masa kecil yang bahagia di lingkungan sejahtera dari Great Neck, New York. "Keluarga saya mempercayai saya dapat melakukan sesuatu tanpa melakukan kesalahan sedikit pun," ungkapnya dalam sebuah wawancara People Weekly. "Itu mungkin sebabnya saya memiliki kepercayaan diri penuh dalam diri saya - bahkan ketika seharusnya saya tidak bisa."

Ia mengembangkan kecintaan akan fesyen, pakaian, dan etiket semenjak dini dalam hidupnya, tetapi tidak pernah membayangkan bahwa hal tersebut dapat menjadi fondasi-fondasi dalam sebuah karir. Sebaliknya, ia mengikuti saran ibunya dan memasuki Bernard College untuk mengejar studi yang lain. Itu terjadi ketika ia bertemu pria yang akan menjadi suaminya, Jerry Ford, sebuah pemain futbol kampus di Notre Dame. Tiga bulan selanjutnya, pada 20 November 1944, pasangan tersebut kawin lari ke San Fransisco. Tetapi bulan madu berakhir dengan cepat karena Jerry harus dikirimkan untuk bertempur ke dalam Perang Dunia II.

Eileen kembali ke kota New York, dimana ia bekerja untuk katalog-katalog Sears Roebuck dan pada sebuah toko spesialis di Fifth Avenue. Itu terjadi semasa dimana Eileen mulai mengembangkan selera style dan kecantikan yang akhirnya akan menjadi kualitas khas bagi agensi Ford.

Dua tahun kemudian Jerry kembali dari perang, Eileen yang susah diatur, sekarang mengandung anak pertamanya, memutuskan bahwa ia dan Jerry bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Ia mulai bekerja sebagai seorang sekretaris bagi dua dari teman-teman modelnya yang frustrasi dengan agensi-agensi mereka. Pada masa itu, model-model bertanggung-jawab untuk mengatur dan mengkoleksi pendapatan-pendapatan mereka. Mendapatkan bayaran sering menjadi kesulitan.

Eileen FordEileen Ford yang berusia 25 tahun mengambil pekerjaan tersebut dengan $65 per bulan, dan lahirlah Ford Modelling Agency. Eileen, yang pernah menjadi model, mengetahui lebih baik dari orang lain kesulitan-kesulitan yang para model hadapi. Ia dengan cepat beralih dari seorang sekretaris menjadi agen yang menangani penuh. Ketika bayi mereka lahir, Jerry masuk dan menjadi partner serta sesama pendiri Ford.

Ford bekerja keras bagi para modelnya melangkah keluar dari kantornya yang kecil di Second Avenue di kota New York, menawarkan jasa-jasa yang agensi lain tidak pernah tawarkan sebelumnya. Sebagai tambahan untuk menangani booking dan memastikan para modelnya mendapatkan bayaran, ia juga memberikan mereka saran untuk berpakaian, rambut, dan make-up. Ia berusaha terus untuk model-modelnya agar mendapatkan bayaran untuk fitting, residu untuk pekerjaan cetak, dan bayaran-bayaran untuk booking yang dibatalkan dikarenakan cuaca yang buruk. Dan ia bahkan menolong para modelnya dengan perencanaan karir. Sebagaimana nama dan ketenaran Ford meluas di dunia fesyen, para model mulai mencari dia. Pada tahun 1948, agensi tersebut mendapatkan penghasilan kotor hingga $250.000 per tahun.

Seorang yang ketat dan menguasai penuh pekerjaannya tapi juga penyayang, Ford membuat aturan ketat bagi para kliennya. Untuk menangani aura glamor dan standar tinggi, ia menolak membiarkan para modelnya menerima iklan-iklan deodoran dan bra, berpose di bathtub atau menampilkan "menampilkan berlebihan buah dada." Tak seperti kebanyakan agen pada masa itu, Eileen menjadi terlibat dekat dengan para modelnya, menjalankannnya dengan profesional dan juga personal, mengharapkan mereka untuk merangkul hati-hati standar perilakunya.

Kepada seorang model muda yang kelelahan akibat selalu terjaga bersama kekasihnya di malam hari, Eileen memberikan saran kepadanya: "Lihat, sayang, kamu adalah sebuah kekacauan. Jika kamu ingin menjadi model, baiklah. Jika kamu masih mau melakukan hal-hal bodoh, itu juga baiklah. Tetapi kamu tidak bisa melakukan keduanya, pikirkan kembali baik-baik dan itulah kenyataannya."

Perilakunya yang terkadang tak beralasan telah riled baik para pesaing dan modelnya, menyebabkan salah seorang protege-nya memanggilnya "seorang wanita tua pedas, kasar dengan banyak musuh." Dan bagi seorang John Casablancas, pesaing utama Eileen, "Eileen dengan sederhana adalah seorang yang kejam." Tetapi bagi yang lain ia lebih dimengerti. Menurut Cheryl Tiegs, yang bersama dengan agensi Ford pada pertengahan 70 dan 80an, "Eileen sulit ketika standar disiplinnya bermasalah. Tetapi ia harus begitu. Ada begitu banyak kecantikan yang ditaruh bersama gadis-gadis yang bertingkah."

Bahkan Eileen sendiri mengakui bahwa ia sulit untuk bekerja sama, tetapi menjelaskan bahwa dalam sebuah padang bisnis kompetitif dimana para top model dapat menghasilkan $15.000 atau lebih per harinya dan sebuah agensi mengumpulkan 10 hingga 15 persen, harga-harga tinggi tersebut membuktikan metodenya. Dan memikirkan itu ketika ia pertama kali memulai para modelnya yang mendapatkan $25 per jam, dan sekarang mereka mendapatkan kontrak-kontrak jutaan dolar, metodenya tampaknya berjalan dengan baik.

Tanpa memikirkan akan apa yang orang lain mungkin pikirkan, Eileen telah membuktikan bahwa kebijakannya akan standar-standra stringent bekerja. Pada 1997, Ford Modelling Agency merayakan ulang-tahunnya yang ke-50. Kantor kecil lama telah berganti menjadi sebuah gedung bermodel bata merah yang gaya, dan pekerjaan asli Ford yang senilai $65-per-bulan telah menjadi sebuah operasi jutaan dolar. Tetapi para gadis Ford melanjutkan untuk memastikan perhatian Eilenn yang begitu dekat yang dimulainya lebih dari setengah abad lalu.

Meskipun ia telah menyerahkan operasi sehari-hari agensi tersebut kepadda putrinya, Katie, dan putranya, Bill, pada akhir 1980an, Eileen tidaklah pensiun. Faktanya, pada usia 77, wakil pemimpin dari agensi tersebut menghabiskan kebanyakan waktunya bepergian keliling Amerika Serikat dan Eropa demi mencari talenta-talenta baru. Ia juga menemukan waktu untuk menulis lima buku kecantikan dan sering menggali akan nasihat fesyen dan kecantikan.

"Lima puluh terakhir dalam bisnis ini telah begitu mengejutkan, dan Eileen adalah salah satu alasan utama mengapa ini bisa terjadi," ujar mantan agen Nina Blanchard, merangkum kontribusi-kontribusi Ford dalam industri tersebut. "Ia adalah yang pertama memulai segalanya untuk menolong para model dan agen-agen mereka. Ialah ibu yang sebenarnya dari industri modeling modern."

Sumber : entrepreneur.com
Halaman :
1

Ikuti Kami