Lindungi Istri Anda Dari...

Marriage / 10 July 2009

Kalangan Sendiri

Lindungi Istri Anda Dari...

Puji Astuti Official Writer
4152

Merasa dilindungi oleh pasangannya adalah kebahagiaan seorang istri. Tapi bukan berarti wanita itu begitu lemah, namun karena wanita memang membutuhkan kehadiran pasangannya. Alkitab mengajarkan bahwa seorang suami harus merawat istrinya, (Efesus 5:28-2). Merawat disini selain memelihara juga menjaganya.

Menjaga istri Anda tidak berarti Anda over protective, Anda perlu mengetahui bidang-bidang rawan apa yang dirasakan istri Anda. Sebagai contoh, dia lemah dalam mengendarai mobil, maka mengantarkan dia merupakan bagian dari Anda melindunginya. 

Untuk mengetahui hal-hal apa yang perlu Anda lindungi dalam kehidupan istri Anda, coba Anda melakukan pengamatan dengan beberapa pertanyaan berikut:

Apa yang menjadi keterbatasan fisiknya?

Seringkali seorang suami terlalu kasar dan menyakiti istrinya karena tidak pernah tahu apa yang menjadi keterbatasan fisiknya. Contohnya, ada seorang suami yang suka bermain gulat dengan istrinya. Namun dia tidak tahu bahwa istrinya lemah dan tidak menyukai hal tersebut. Setiap kali selesai bermain gulat istrinya pasti mengalami memar dan lebam-lebam di lengannya.

Bagaimana dengan tekanan ekonomi yang dialaminya?

Seorang suami perlu melindungi istri dari tekanan financial yang tidak perlu. Banyak istri mengalami tekanan financial karena sang suami tidak bertanggung jawab dalam hal keuangan mereka.

Seorang suami meminta istrinya bekerja, padahal dia lebih menyukai berada dirumah bersama anak-anak. Banyak kali, suami menuntut istri turut bertanggung jawab dalam keuangan rumah tangga, hal yang seharusnya menjadi tanggung jawab penuh seorang kepala keluarga. 

Jika istri Anda menyukainya dan dengan senang hati melakukannya, mungkin tidak mengapa. Namun jika tidak, hal tersebut adalah sebuah masalah.

Bagaimana dengan semua pekerjaan rumah?
Banyak kali seorang suami memperlakukannya sebagai seorang pembantu rumah tangga. Sang istri harus bertanggung jawab atas semua pekerjaan rumah, padahal istrinya juga bekerja. Dia tidak pernah menyadari bahwa istrinya akan sangat berterima kasih jika dirinya mau membantu sedikit saja pekerjaan di rumah.  

Kadang istri Anda juga membutuhkan istirahat. Bantu dia mencuci piring makan, atau mencuci baju. Buatlah sebuah tindakan yang berdasarkan kasih yang tulus bagi istri Anda.

Bagaimana tekanan dengan anak-anak di rumah?

Mengasuh putra-putri Anda bukan hanya tugas ibu saja, namun juga tugas seorang ayah. Untuk itu, sediakan waktu untuk bersama mereka. Ijinkan ibu mereka berlibur satu hari dengan cara Anda mengajak anak-anak keluar dan bermain bersama mereka.

Apakah yang paling banyak menyebabkan dia stress?

Untuk bisa meringankan beban istri Anda, pertama-tama Anda perlu tahu apa dan situasi apa yang paling sering membuatnya stress. Setelah itu cari cara bagaimana untuk mengatasinya. Hal tersebut akan sangat berarti baginya.

Setiap orang adalah pribadi yang unik, dan satu-satunya cara untuk mengetahui semua informasi di atas dengan tepat adalah bertanya langsung pada istri Anda dan mendiskusikannya dengannya. Mungkin juga Anda perlu bertanya apakah Anda telah cukup menjalankan peran Anda sebagai seorang pelindung bagi dirinya dan keluarga Anda.

Sumber : Seandainya Ia Tahu, Gary Smalley; Metanoia
Halaman :
1

Ikuti Kami