Dukungan Nenek Untuk Ibu Baru

Parenting / 8 July 2009

Kalangan Sendiri

Dukungan Nenek Untuk Ibu Baru

agnes.faith Official Writer
2387

Bila Anda tak sabar pada saat kelahiran cucu Anda dan ingin segera memberikan sesuatu untuk cucu Anda, cobalah untuk memperhatikan sang ibu dulu.

Tanyakan apa yang diperlukan dan mendengarkan. Terkadang sebagai nenek atau kakek baru, Anda terlalu antusias untuk melihat kelahiran cucu Anda. apalagi bila ini adalah cucu pertama Anda. dengan penuh semangat, Anda langsung datang ke rumah sakit, dan berada di depan ruangan bayi dan melihat betapa lucunya cucu Anda. anda menjadi lupa bahwa Anda kurang memperhatikan anak Anda atau menantu Anda yang sebenarnya adalah orang yang paling harus Anda perhatikan karena ia yang telah berjuang untuk melahirkan.

Saat-saat itulah dimana Anda harus memperhatikan sang ibu baru, bukan hanya cucu Anda. tanyakanlah apa yang ia perlukan atau apa yang ingin ia ceritakan. Sehingga sang ibu baru merasa bahwa selain Anda ingin melihat si bayi, Anda juga ada disana untuk mengunjungi bahkan mendukung sang ibu baru.

Sang ayah mungkin saja sedang mengerjakan sesuatu yang lain atau sedang kelelahan. Maka Anda tidak perlu menunggu orang lain untuk menghibur sang ibu baru. Dukungan Anda sangat penting dan dibutuhkan. Bahkan bila sang ibu baru perlu makan atau minum, Anda bisa saja membelikan atau mengambilkan.

Anda juga perlu ingat bahwa apa yang dipelukan sang ibu baru adalah ketenangan. Mereka tidak akan ingin berlama-lama di rumah sakit. Bila Anda melihat bahwa sang ibu baru sudah merasa lelah akan kedatangan tamu, Anda dapat menjadi penjaga mereka dan mengatakan pada tamu yang datang. Atau menyarankan untuk mengunjungi saat mereka sudah pulang ke rumah.

Pada saat baru melahirkan, seorang ibu baru pasti merasa mengerikan dengan badan Anda, merasa tidak menentu, dan mungkin tidak wangi lagi. Mungkin sang ibu ingin ke salon untuk membenahi dandanannya. Pada saat itulah Anda dapat memberikan dukungan dan pengarahan bagaimana cara menangani langkah demi langkah untuk mengatur semua itu.

Bila memungkinkan Anda dapat tinggal sementara di rumah anak Anda dan membantu mereka untuk mengurus si kecil dalam beberapa bulan perkembangan si bayi.

Sumber : grandparents.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami