Bantu Pasangan Anda Lepaskan Stres

Marriage / 3 July 2009

Kalangan Sendiri

Bantu Pasangan Anda Lepaskan Stres

Puji Astuti Official Writer
3323

Baik pria maupun wanita mengalami stress setiap harinya. Ada kalanya stress itu lebih berat dari biasanya. Para ahli jiwa mengatakan bahwa pengalaman-pengalaman yang menyebabkan stress dan kemarahan yang berkepanjangan mempengaruhi pikiran, emosi, dan jiwa seseorang. Masukan yang positif disalah satu bidang manapun dalam kehidupan Anda maupun pasangan akan membuat perbedaan yang bermanfaat pada bidang kehidupan lainnya.

Sebagai contoh, jika seorang suami bersikap lembut kepada istrinya, misalnya, ia mengangkat emosi istrinya, hal tersebut membantu mengurangi tingkat stress yang dialami istrinya dan membantu istrinya menangani dengan baik dimensi-dimensi kehidupannya.

Dr. Jerry Day, seorang ahli jiwa dari klinik Tucson, di Arizona berpendapat bahwa jika seseorang mengalami sedikitnya empat gejala berikut, ia didiagnosa mengalami depresi. Ketahuilah gejala-gejala berikut dan bantu pasangan Anda untuk mengatasinya sehingga membuat hubungan Anda dengannya menjadi semakin baik.

  1. Kesedihan
  2. keputusasaan
  3. Kehilangan selera humor
  4. Terjaga sebelum waktunya
  5. Terjaga waktu dini hari
  6. Merasa lebih enak jika hari berlalu dengan berlahan-lahan
  7. Insomnia
  8. Kehilangan minat terhadap seks
  9. Kehilangan nafsu makan dan berat badan turun
  10. Bertambah nafsu makan dan berat badan naik
  11. Keluhan yang samara-samar tentang tubuhnya
  12. Merasa sangat kehilangan (atas kematian saudara, keluarga, atau teman dekat).
  13. Kekurangan konsentrasi dan daya ingat
  14. Helaan panjang atau rintihan

Jika Anda mendeteksi gejala-gejala tersebut, hiburlah pasangan Anda dan tunjukkan bahwa Anda perduli sungguh-sungguh kepadanya. Selain itu, untuk memastikan keadaan kesehatannya, ajak pasangan Anda untuk melakukan medical check up.

Terapi yang akan membantu keadaan depresi pasangan Anda adalah dengan membuat dia mengungkapkan apa yang dirasakannya, salah satunya adalah mencatat apa yang muncul dalam pikirannya, apa yang dirasakannya. Ajak dia untuk mencatat hal-hal yang positif, buat dia untuk melihat kebaikan Tuhan dalam hidupnya, perbuatan baik orang lain kepadanya, dan hal-hal yang patut disyukuri.

Perhatian dari pasangan akan sangat membantu seseorang dalam melewati masa-masa sulit yang dialaminya, baik itu stress dalam pekerjaan, masalah pribadi atau pun keadaan lingkungan yang menekan. Jadilah seorang sahabat bagi pasangan Anda, jadilah pendengar yang baik baginya, namun jika dalam beberapa waktu lamanya tidak ada perubahan atas pasangan Anda, jangan ragu-ragu untuk mencari bantuan seorang konselor professional untuk menolong Anda dan pasangan.

Sumber : Seandainya Ia Tahu, Gary Smalley; Metanoia
Halaman :
1

Ikuti Kami