iRiver P7, Utamakan Penampilan

Entertainment / 2 July 2009

Kalangan Sendiri

iRiver P7, Utamakan Penampilan

Budhi Marpaung Official Writer
3781

Persaingan diantara para produsen gadget semakin terasa selama belakangan ini. Setiap perusahaan menghadirkan keunggulannya masing-masing saat mengeluarkan produk terbarunya. Tujuan perusahaan-perusahaan melakukan hal ini tentu saja agar menarik minat calon konsumen.

iRiver P7 adalah salah satu produk pemutar media portable yang mencoba menarik calon konsumennya dengan menggunakan desain yang cantik. Ditonjolkannya sisi tampilan sebagai kekuatan, bukanlah berarti secara fasilitas atau fitur kalah dengan portable media player (PMP) yang lain.

Fitur layar sentuh yang dimiliki iRiver P7 membuat produk yang satu ini tidak memerlukan banyak tombol untuk melaksanakan kerjanya. Walaupun ukurannya dinilai cukup besar, tetapi justru hal ini sangat berpengaruh dengan ukuran layar yang akhirnya juga luas. Dengan dipasang layar TFT berukuran 4,3 inci membuat calon konsumen dapat leluasa melihat apa yang ditampilkan di PMP ini.

Selain layar sentuh, keunggulan dari iRiver P7 adalah adanya fitur speaker mini dan slot kartu memori. Speaker mini yang disediakan di iRiver P7 membuat calon konsumen dapat memiliki pilihan alternative untuk mendengar file-file yang tersimpan selain dengan earphone. Sedangkan kegunaan slot kartu memori ini adalah untuk mendongkrak kapasitas 8GB/ 16GB yang sudah disediakan.

Dengan dibalut warna silver dan desain antarmuka ala majalah membuat Anda akan semakin ngiler begitu melihatnya pertama kalinya. Namun, seperti produk-produk gadget lainnya, iRiver P7 pasti memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pertama adalah layar sentuh yang kurang responsif sehingga membuat gangguan bagi penggunanya apabila ingin melakukan navigasi dengan cepat dan kembali ke sistem menu. Tapi, sebenarnya hal ini sudah ditanggulangi dengan adanya stylus.

Kelemahan kedua adalah kemampuan warna pada layar iRiver P7 yang hanya dapat menampilkan 260.000 warna. Tentu bagi Anda yang terbiasa dengan tampilan warna diatas jumlah warna tersebut pasti akan sedikit kecewa. Namun, mungkin Anda jangan langsung memalingkan muka dulu karena kelemahan ini dapat diatasi. Adanya perpaduan antara contrast, kecerahan dan ketajaman yang disajikan layar ini membuatnya jadi menyenangkan baik untuk navigasi maupun untuk menonton film.

Kelemahan ketiga atau terakhir adalah pengenalan format file yang terbatas. iRiver P7 hanya dapat membuka format file MP3, WMA, OGG, ASF, FLAC, APE, WAV, AC-3, dan WMV saja. Diluar tersebut, sayang sekali iRiver P7 tidak dapat membacanya.

Dengan kualitas suara yang cukup mumpuni dimana suara yang keluar begitu berimbang di semua kanal menjadikan produk ini menjadi pilihan yang tepat untuk para pendengar musik atau penonton film.

Satu buah iRiver P7 dijual dengan harga sebesar $200 atau sekitar Rp 2 jutaan. Dilihat dari harganya tentunya tidaklah menjadikan produk ini menjadi terlalu mahal. Dengan segala hal yang disuguhkan  

Sumber : kapanlagi.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami