Ditemukan Flu Babi yang Kebal Tamiflu

Nasional / 1 July 2009

Kalangan Sendiri

Ditemukan Flu Babi yang Kebal Tamiflu

Lestari99 Official Writer
3548

Para ilmuwan telah menemukan sebuah kasus  virus flu babi A-H1N1 yang kebal terhadap satu dari dua obat utama yang digunakan untuk mencegah penyebaran virus itu.

Para pejabat Denmark dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika mengatakan hari Senin seorang warga Denmark yang terserang jenis flu babi yang kebal terhadap obat Tamiflu itu sekarang sudah sembuh.

Mereka mengatakan, sejauh ini, jenis baru virus tersebut tampaknya merupakan kasus tersendiri. Tetapi virus influenza sering bermutasi dan para ahli lain mengatakan mereka sudah memperkirakan virus tersebut akan mengembangkan kekebalan.

Para pejabat di perusahaan yang membuat Tamiflu mengatakan kira-kira setengah persen dari semua kasus flu kebal terhadap obat itu. Pandemi flu babi terus meluas dan mengenai lima negara lagi, termasuk indonesia.

Organisasi kesehatan dunia WHO melaporkan kasus flu babi yang pertama di Irak, Pantai Gading, Cape Verde, Indonesia dan Kamboja. Kata WHO keenam orang yang terkena virus H1N1 di Irak itu adalah pemain bola basket yang baru kembali dari Amerika.

Menteri Kesehatan Indonesia, Siti Fadilah Supari mengatakan, seorang pilot dan turis dari Australia juga dinyatakan positif terkena flu babi. Pejabat kesehatan di Kamboja mengatakan, kasus flu babi yang pertama adalah seorang siswa Amerika berumur 16 tahun yang tiba di negara itu minggu lalu.

WHO telah menyatakan adanya pandemi influenza di dunia. Ini adalah pertama kalinya keadaan itu diberlakukan dalam 40 tahun terakhir.

Sumber : voanews
Halaman :
1

Ikuti Kami